Berita

Indonesia Akan Jalin Kerja Sama Dengan PIDF

presiden RI Susilo Bambang Judoyono
bicara di PIDF (Fiji Times)

Suva,19/6(Jubi)—Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono  menyatakan Indonsia berkomitmen menjalin kerja sama dengan Pacific Develepment Forum terutama di bidang sumber daya perikanan dan kelautan. Penegasan itu disampaikan Presiden SBY ketika memberikan sambutan pembukaan pertemuan FIDF kedua di Denaru, Nadi, Fiji (19/6).

Media Fiji, The Fiji Times Online, melaporkan Pemerintah Indonesia mempunyai komitmen menjalin kerja sama yang sangat erat dengan Negara-negara di Pacific terutama egara-negara anggota PIFD. Harapan pemerintah Indonesia itu akan mnjadi bahan diskusi pada puncak pertemuan PIFD dan MSG nanti.

Meski memberi harapan akan adanya kerjasama, kehadiran Presiden SBY sebagai tamu terhomat dalam pertemuan PIDF mendapat kritikan keras dari Dewan Gereja-Gereja Pasifik yang berkantor di Suva, Fiji.

Sekretaris Jendral Dewan Gereja-Gereja Pasifik,  Rev. Francois Pihaatae, mengatakan pemerintah regional mestinya tidak membiarkan Presiden Indonesia menghadiri pertemuan PIDF sebelum menyelesaikan masalah penentuan nasib sendiri di Papua Barat.

Francois menilai kunjungan SBY dengan agenda kerja sama itu hanyalah kulit dari agenda utamanya berkaitan dengan masalah politik  Papua Barat. “Level kunjungannya sedikit lebih tinggi masalah West Papua,”tulis laman resm Pacific Confernce of Churhes Scretariat. (Jubi/Mawel/PCC/Fiji Times)

Sumber : www.tabloidjubi.com

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.