Adat

Empat Duta Besar Pastikan Hadir Di Festival Danau Sentani

Salah satu tarian yang ditampilkan saat
pembukaan Festival Danau Sentani ke-6, 2013 lalu. (Jubi/Levi)

    Jayapura, 17/6 (Jubi) – Empat Duta Besar (Dubes) negara sahabat menyatakan kesiapan mereka datang di Festival Danau Sentani (FDS) ke VIII yang akan dibuka, 19 Juni mendatang.
    Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Tito Karnavian mengatakan, dari informasi yang ia peroleh, empat Dubes yang menyatakan kesiapannya menghadiri event tahunan itu yakni Dubes India, Libanon, Kroasia dan Palestina.
    “Kami akan berikan pengamanan khusus kepada mereka. Polda Papua nantinya juga akan ikut meramaikan FDS itu terutama ketika acara pembukaan. Diantarnya kami akan tampilkan Perahu Kano, Speed Perahu Karet terutama di acara pembukaan,” kata Tito, Selasa (17/6).
    Menurutnya, karena ini merupakan agenda masyarakat yang juga agenda nasional dan tentu akan menarik banyak pengunjung baik dari Papua maupun dari luar Papua, Polda Papua harus melaksanakan pengamanan.
    “Kami siapkan pengamanan dari Polres dan didukung Polda serta rekan TNI, total jumlahnya 537 tapi masih bisa bertambah, ditambah dengan kekuatan dari Polda yang lain jadi mungkin sekitar 600 orang ketika pembukaan. Namun acara-acara lain berkurang dan penutupan akan bertambah lagi,” ujarnya.
    Dikatakan, selain melakukan pengamanan di lokasi festival, Polda Papua juga akan menempatkan anggota di Bandara, dan juga hotel tempat peserta menginap. Anggota pengamaman akan dimodefikasi segaramnya diantaranya menggunakan topi bentuk kepala kasuari agar memberikan kesan yang membumi atau mengikuti kearifan lokal.
    “Inilah pesta adata dan kita juga ikut berpesta mengamankan sekaligus. Acara ini tadinya sebenarnya bagian dari Festival Sail Raja Ampat. Tapi kan Sail Raja Ampat diundur hingga 22 Agustus mendatang karena venue masih ada yang belum siap, sehingga FDS ini menjadi kegiatan tersendiri. Tapi tetap agenda nasional dan diharapkan banyak peserta. (Jubi/Arjuna) 

    Sumber : www.tabloidjubi.com

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.