Berita

Joe Natuman Gantikan Moana Karkas Sebagai Perdana Mentri Vanwatu

PM Vanuatu Moana Carcasses pernah mengangkat
 isu-isu HAM Papua Barat di PBB. Mantan PM Vanuatu
ini asal Tahiti Poliynesia termasuk tokoh yang memperjuangkan
 kemerdekaan Papua Barat(Jubi/ist)
Jayapura, 17/5 (Jubi)-Moana Karkas yang baru memerintah selama 13 setengah bulan akhirnya menyerahkan kekuasaannya sebagai PM Vanuatu setelah mendapat mosi tidak percaya dari Parlemen Vanuatu.

Demikian informasi yang dikutip tabloidjubi.com dari Pacnews, Sabtu(17/5).
Moana Karkas selama menjadi PM Vanuatu telah mengambil beberapa langkah penting antara lain mengangkat isu-isu pelanggaran HAM di Papua ke dalam forum-forum Internasional. Termasuk pidato penting di depan sidang umum PBB.

Vanuaku Pati sebagai partai politik terbesar di Vanuatu masih menguasai di parlemen dan bergabung dengan pihak oposisi untuk menurunkan Moana Karkas dari jabatan PM Vanuatu. Pemimpin Vanuaku Pati Edward Natapei telah mengambil langkah untuk memungkinkan Joe Natuman mengambil peran Perdana Menteri. Sedangkan Menteri Keuangan juga dari VP.

Wakil PM Vanuatu dijabat oleh pemimpin Nasional Partai Persatuan Ham Lini , sementara mantan Perdana Menteri Sato Kilman menjadi Menteri Luar Negeri. Alfred Carlot sebagai Menteri Kehakiman , George Wells sebagai Menteri Kesehatan dan Charlot Salwai Menteri Dalam Negeri .
.
PM Baru Joe Natuman mengatakan Vanuatu harus hidup dalam batas kemampuannya , setelah menggantikan Moana Karkas dalam mosi tidak percaya di Parlemen Vanuatu. PM Vanuatu juga menegaskan pemerintahaannya kembali menjalankan pendekatan dasar untuk menjalankan negara Vanuatu ke depan. “ Saya ingin kita kembali ke akar kita dan mengarahkan negara dan memastikan bahwa kita hidup dalam batas kemampuan kita,”kata Joe Natuman.

Sebelumnya Moana Karkas pertama kali menjadi perdana menteri pada 2013 , setelah bergabung dengan pihak oposisi dalam mosi tidak percaya juga menggulingkan PM Sato Kilman. Mantan PM Vanuatu ini kini menduduki posisi penting sebagai Menlu Vanuatu yang pernah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Republik Indonesia.

Vannua aku Party(VP) adalah partai terbesar di Vanuatu yang sebelumnya adalah kaum nasionalis di Vanuatu umumnya terdiri pastor-pastor yang kemudian mendirikan perkumpulan sosial dan akhirnya menjadi Partai Vanu aku Party. Sedangkan Union Moderates Party (UMP) adalah orang-orang Melanesia berbasis bahasa Perancis di Vanuatu. Negara ini merdeka pada 30 Juli 1980 dengan Perdana Menteri Pertamanya adalah Walter Lini

Pada 1991 Vanuatu juga memiliki Dewan Nasional Kepala Adat (National Council off Chiefes) yang disebut pula dengan nama Malvatu Mauri. Dewan ini mewakili para kepala suku di Vanuatu dan dipilih dari 800 kepala suku. Dewan ini berfungsi untuk memberikan nasehat kepada PM Vanuatu dalam masalah-masalah yang berhubungan dengan adat, kebiasaan dan tradisi masyarakat Melanesia di Vanuatu termasuk masalah tanah-tanah adat. (Jubi/dominggus a mampioper)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.