Berita

Gubernur Papua Akui Sulit Atasi Pertikaian di Timika

Gubernur Papua Lukas Enembe (sumber: Antara)
Jayapura - Gubernur Papua Lukas Enembe mengakui, Pemerintah Provinsi Papua saat ini mengalami kesulitan untuk mengatasi pertikaian antar kelompok yang terjadi di Timika, ibukota Kabupaten Mimika.
"Kami kesulitan mengatasi pertikaian antar-kelompok yang hingga kini masih terjadi karena tidak ada tokoh masyarakat yang mau membantu meredam kelompok tersebut, khususnya dari kelompok Suku Moni," kata Gubernur Enembe di Jayapura, Senin (12/5).
Dikatakan dia, saat ini pihaknya belum menemukan kepala suku atau tokoh masyarakat dari Suku Moni yang mampu meredam emosi warganya sehingga insiden itu tidak meluas dan menimbulkan banyak korban.
Padahal, kata Gubernur Enembe, seperti halnya suku lain pasti ada kepala suku atau orang yang memiliki pengaruh terhadap suku tersebut sehingga bila terjadi masalah mereka (kepala suku atau tokoh masyarakat) yang akan membantu meredam pertikaian tersebut.
Walaupun demikian kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasi dan mendamaikan kelompok suku yang bertikai di Timika, tegas Gubernur Enembe.
Ketika ditanya solusi terakhir guna menyelesaikan konflik di Timika, Gubernur Papua itu mengatakan, akan melibatkan asosiasi bupati se pegunungan tengah mengingat yang bertikai adalah warga mereka yang bermukim di Timika.
Akibat pertikaian yang berlangsung sejak 29 Januari sekitar 15 orang tewas dan ratusan orang mengalami luka-luka .
Penulis: /YUD

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.