Berita

Sikapi Aksi Penembakan, Kapolda Papua Pengamanan Freeport

Aparat Kepolisian Indonesia Saat Berjaga Di Areal PT. Freepot
Timika - Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Tito Karnavian memerintahkan Satuan Tugas Pengmanan PT Freeport Indonesia (Satgas Amole) untuk meningkatkan pengamanan di area perusahaan tambang emas dan tembaga yang berlokasi di Kabupaten Mimika itu.

Tito Karnavian di Timika, Kamis (12/12), menegaskan peningkatan pengamanan area PT Freeport lantaran dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan eskalasi teror penembakan oleh kelompok bersenjata terhadap sejumlah kendaraan yang melintas di ruas jalan yang menghubungkan Timika menuju Tembagapura.


Kelompok bersenjata yang diduga kuat terlibat dalam sejumlah aksi teror penembakkan tersebut diketahui merupakan kelompok Kali Kopi pimpinan Teny Kwalik yang bermarkas di Tanggul Timur.


Menyikapi kondisi tersebut, Satgas Amole dengan dibantu oleh aparat TNI akan melakukan pengejaran terhadap kelompok bersenjata pimpinan Teny Kwalik.


"Kita sudah tahu mereka sehingga kita sedang meningkatkan pengamanan di area Freeport dengan melakukan patroli, pengawalan dan penjagaan. Kita tingkatkan dan intensifkan," kata Tito.


Dari data pihak kepolisian, kelompok bersenjata pimpinan Teny Kwalik berjumlah sekitar delapan hingga 10 orang. Kelompok ini diketahui memiliki beberapa pucuk senjata api. Senjata itulah yang selama ini digunakan untuk melakukan teror penembakan terhadap sejumlah kendaraan yang melintas di ruas jalan Timika-Tembagapura maupun ruas jalan Tanggul Timur menuju Kampung Nayaro.


Usai melakukan aksi teror penembakan, kelompok tersebut langsung melarikan diri ke dalam hutan. (Antara)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.