search tickets in here

Bus Rombongan Danrem Papua Ditembaki Orang Tak Dikenal

Ilustrasi Penembakan (ist)
Jakarta — Aksi penembakan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata tak dikenal kembali terjadi. Kali ini aksi tersebut menyasar rombongan bus yang mengangkut Komandan Korem 174/ATW Papua Brigjen TNI Bambang Haryanto.

Kepala Bidang Humas Polda Papua AKBP Sulistio Pudjo mengatakan, insiden penembakan tersebut terjadi di sekitar lokasi tambang PT Freeport Indonesia. Tepatnya, terjadi di jalan tambang yang menghubungkan Kota Timika dan Kota Tembagapura.

"Peristiwa terjadi sekitar pukul 12.23 WIT, bertempat di Mil 42,5 dekat Pos RPU 06 Jalan Tambang areal PT FI telah terjadi penembakan oleh OTK (orang tak dikenal) terhadap rombongan Danrem," kata Sulistio melalui pesan singkat yang diterima wartawan, Kamis (12/12/2013).

Sulistio mengatakan, selain Danrem, ada pula Komandan Kodim Timika Letkol Dwi Lagan yang turut berada di dalam bus tersebut. Berdasarkan keterangan saksi, penembakan tersebut terjadi saat rombongan bertolak menuju Tembagapura. Kemudian, tiba-tiba dari arah kanan bus terdengar suara rentetan senjata. Sedikitnya, terdengar enam kali letusan tembakan yang didengar oleh rombongan tersebut. "Namun, setelah dicek, hanya satu perkenaan (peluru yang mengena) pada bodi bus," ujarnya.

Saat suara tembakan terdengar, Sulistio menambahkan, sopir bus yang diketahui bernama Kary langsung memacu busnya. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam aksi teror tersebut.

"Pukul 14.31 WIT, rombongan melintas Mil 40 dan kemudian bergerak menuju Kota Mimika," ujarnya.

Sebelumnya, Rabu (11/12/2013) siang, rombongan Kapolda Papua Irjen Tito Karnavian bersama Dandrem 174/ATW Brigjen TNI Bambang Haryanto meninjau tiga tempat kejadian perkara (TKP) penembakan yang terjadi berturut-turut sejak hari Minggu (8/12/2013) hingga Selasa (10/12/2013). Kepada wartawan tadi malam, Tito menuding kelompok Kali Kopi pimpinan Tenny Kwalik sebagai pelaku di balik serangkaian aksi penembakan beruntun di jalan tambang tersebut. 

Post a Comment

1 Comments

  1. MARKAS BESAR KOMANDO DAERAH MILITER (KODAM) III PEGUNUNGAN TENGAH MIMIKA.
    Dari TPN-PB Kepada Pemerintah Indonesia bahwa penembakan yang terjadi di area PT-FI adalah benar-benar Murni dari TPN-PB (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat) Di Bahwa Pimpinan Panglima Perang Brigent Thenny Kwalik. Menghimbau Kepada pemerintah Indonesia Bahwa Penembakan di Area PT-FI,bukan dari Teroris,OTK,Separatis,bukan Minta makan,cari pekerjaan,dan sebagaianya.
    Dan disini kami dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Memberitahukan Kepada Publik dan Pemerintah Indonesia Bahwa Bahasa yang di katakan Oleh Mr Tito bahwa:
    tetapi kepolisian melihatnya dari motif persoalan yang di timbulkan yakni limbah pembuangan PT Freeport Indonesia yang berdekatan dengan markas kelompok bersenjata itu di Kali Kopi yang dianggap sangat merugikan mereka sesuai dengan surat edaran itu.”Motif inilah yang sedang kami pelajari bersama Freeport dan berupaya melakukan komunikasi dengan kelompok ini untuk menanyakan apa keinginan mereka. Aapabila mereka mengaku betul persoalan limbah Freeport, kita akan berkoordinasi dengan Freeport untuk mencari jalan keluarnya dengan memindahkan aliran pembuangan limbah itu,” kata Tito.
    Bahasa Ini Benar-benar Tidak Masuk Akal dan kata-kata yang di keluarkan Mulut Dari Mr Tito ini benar-benar telah Kehilangan Akal, oleh sebab itu kami dari TNP-PB menyatakan kepada Publik Bahwa Penembakan yang terjadi Di Area PT-FI Adalah Murni Dari Darah Sisa Dari pada Halmarum Mr Kelly Kwalik(yang pernah Tumpakan Sumsum)Oleh Halmarum Jenderal John Kelly Kwalik.Itulah Yang Mengumpul Kembali dan Menuntut Hak-hak Keadaulatan Bangsa Papua Barat yang pernah di Serahkan Oleh Negara Belanda,pada Tanggal,01 Desember 1961.oleh sebab Itu kami Dari Tentara Pembebasan Nasioanal Papua Barat Menyatakan Dengan Tegas Kepada Pemerintah Indonesia Bahwa jangan Pura-pura tidak tahu agar Masalah dari pada penembakan yang terjdi Di Area PT-FI.karena di Lihat dari SDA (Sumber Daya Alam)disana.oleh sebab itu kami dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Menyatakan Dengan Tegas Kepada Imperalisme dan Kolonialis Indonesia Bahwa jangan Memuat Informasi yang tidak benar kepada Publik,Media Masa dan sebagainya.dan Kami dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Benar-benar Tidak Terima Dengan Penjelasan Dari Mr Irjen Pol Tito itu,sebab penjelasan Dari pada Mr Irjen Pol Tito Itu Benar-benar Tidak Masuk akal dan tidak Nyambung sekali.dan disini Kami dari Tentara Pembebasan Menyatakan Kepada Publik Bahwa Penembakan yang terjadi Di Area PT-FI Adalah Murni Dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat dan tujuan dari pada Penembakan Tersebut Menuntut Hak Kemerdekaan Bangsa Papua Barat.
    Dan kami dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Menyatakan Kepada Pemerintah Indonesia Bahwa Di Area PT-FI adalah Area Operasi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Makodam III.pengunungan Tengah Mimika.

    Di Keluarkan Di Markas Besar Komanado Militer Makodam III.Tentara Pembebasan Nasional Papua barat(TPN-PB).


    Hormat kami



    BRIGENT THENNY KWALIK


    Panglima TN Papua Barat Pembelah Hak-hak Dasar Kemanusiaan Rakyat papua.


    ReplyDelete