Berita

Ketika Mama-Mama Papua Berburu Kaleng Di Laut

Salah satu mama Papua yang menyelam memburu kaleng
di perairan laut hotel Tirta Mandala Jayapura-Papua
 (Jubi/Roberth Wanggai)
Jayapura – Trend nelayan di Kota Jayapura saat ini bukan hanya menjadikan laut sebagai tempat mencari ikan, tapi sekarang laut dijadikan sebagai ajang mencari kaleng-kaleng bekas serta bahan baku berbahan aluminium untuk dijual  demi mendapat sesuap nasi.
Fenomena tersebut dapat terlihat di sebagian perairan laut Jayapura. Lautnya masih tampak  biru dan  jernih alias bersih. Bertolak dari kondisi itu, kita bisa berasumsi, banyak ikan-ikan hidup di dasar laut. Namun, faktanya justru yang didapat didalam laut, kaleng-kaleng minuman soda yang berserakan. Kesempatan itu dimanfaatkan sebagian mama-mama Papua yang berdomisili disekitar kawasan Dok VII Perikanan Jayapura Utara.
Dengan memanfaatkan ret atau panah yang terbuat dari besi payung atau betoneser, dan sebuah cool box dari bahan gabus mereka mencoba menyisir pantai perairan Dok VII hingga SMU Gabungan Dok V guna memburu kaleng bekas. Alhasil, dalam sekejap kotak gabus penuh kaleng, bukan ikan. Kaleng yang di dapat bervariasi.
Seperti yang terjadi di sekitar perairan Jayapura persis di  depan Hotel Tirta Mandala Dok V Jayapura. Aksi itu sempat menarik perhatian sejumlah tamu di hotel ini. Mereka langsung beranjak dari tempat duduknya menyaksikan pemandangan langka itu, sembari secara spontan berkomentar dengan beragam pendapat.
“Sekaligus bisa bersihkan laut,” kata  Mourend Jeanette Yarangga salah satu tamu hote ke tabloidjubi.com, pekan ini. Mourend mengaku, aksi sangat lucu, namun justru dibalik itu, dia mengapresiasi mama-mama Papua yang turut membantu pemerintah dalam program kebersihan kota, termasuk laut.
Berbeda dengan Bento Madubun. Redaktur Surat Kabar Harian Bintang Papua. Bento berpendapat,  ada tiga alasan bagi mama-mama Papua untuk memburu kaleng di laut. Alasan pertama, mereka sudah punya pekerjaan. Alasan kedua, mereka bisa datangkan uang. Dan alasan terakhir, mereka membantu pemerintah membersihkan laut Kota Jayapura.
Fahri salah satu karyawan hotel Tirta Mandala Jayapura mengaku, pemandangan tersebut saban hari terjadi. Mereka sudah  terbiasa melihat aksi tersebut. Lanjut dia, selain mencari ikan, tapi juga mencari kaleng. “Sering kalau sudah cape, mereka iseng naik ke atas jembatan dan selanjutnya memburu kaleng di laut,” ujar lelaki asal Makasar ini. (Jubi/Roberth Wanggai)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.