Berita

JP Feldmayer Soroti HAM dan Kebebasan Berekspresi Di Papua

JP FELDMAYER (twitter.com)
Jayapura – James P. Feldmayerm Second Secretary Political Section dari Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia melakukan kunjungan kerja ke Kantor Forum Kerjasama Lembaga Swadaya Masyarakat (Foker LSM) Papua. 


“Kami hampir jera menyuarakan persoalan Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua tetapi mereka tetap datang dan menginginkan informasi dari kita,” kata Lienche F. Maloali, Sekretaris Eksekutif Foker LSM Papua kepada wartawan di Waena, Jayapura, Senin (29/7). 



Menurut Lin, pihaknya akan tetap memberikan informasi kepada Pemerintah Amerika Serikat tentang pelanggaran HAM. Dirinya mengakui, ada satu hal menarik yang menjadi pembicaraan serius  terkait situasi Papua yang terkesan ‘diam’, terutama tentang kebebasan berekspresi terkait hak asasi manusia.



“Saya pikir teman-teman harus bisa lebih berekspresi memberitakan apa yang telah disampaikan,” harap Maloali lagi. Maloali berpendapat bahwa pihaknya sudah seringkali memberitakan ini tetapi pelanggaran HAM terus saja terjadi di Papua. 



Sementara itu James P. Feldmayer mengatakan,  pihaknya selalu mendapatkan informasi terkini tentang Papua dari orang-orang seperti Foker LSM Papua untuk mereka sampaikan kepada orang-orang penting. Baik di pihak Kedutaan Besar AS, Senat AS dan juga Kongres AS. 



“Begitu juga dengan Presiden selalu mendapat informasi Papua, sekecil apapun informasi yang mereka terima. Kami minta supaya Foker tidak jera mengerjakan pekerjaan ini,” demikian kata James P. Fieldmayer seperti yang diulang oleh Lienche F. Maloali kepada wartawan. 



Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih dua jam tersebut, Bas Wamafma, Direktur Yali meminta dukungan kepada James P. Feldmayer agar jurnalis internasional bisa memperoleh akses masuk ke Papua karena selama ini ditutup oleh Pemerintah Indonesia. 



“Kami sudah pernah membawa masalah ini di Jenewa dan akan terus berjuang untuk hal ini,” kata James P. Feldmayer seperti diulang oleh Lienche F. Maloali. (Jubi/Aprila Wayar)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.