Aksi

Dukung MSG, AMP Solo Gelar Aksi Damai Diwarnai Dengan Bendera Bintang Kejora

Mahasiswa demo tuntut Papua merdeka (Foto: Bramantyo/Okezone)
SOLO - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) di Kota Solo, Jawa Tengah, menggelar unjuk rasa sambil membawa bendera Bintang Kejora menuntut Papua merdeka. Mereka juga mendesak pemerintah menuntaskan kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Bumi Cendrawasih.


Sambil mengusung spanduk bertuliskan ‘Mendukung Papua Barat menjadi Anggota Melanesyan Spearhear Group (MSG)’ pengunjuk rasa menilai selama pemerintahan SBY tidak ada satu pun pelanggaran HAM dituntaskan. Mereka menuntut sebelum masa pemerintahan SBY berakhir, berbagai pelanggaran HAM di Papua diselesaikan. Bila tidak, mereka menuntut Papua merdeka dan berdaulat sendiri.

Pengunjuk rasa juga membacakan pernyataan sikap menuntut Papua Barat khususnya menjadi anggota Melanesyan Spearhear Group (MSG), yakni sebuah forum bilateral negara-negara rumpun Melanesia, yang menganggap persoalan Papua merupakan persoalan sesama rumpun Melanesia dan berada di bawah koloni Indonesia.

"Papua, merdeka, Papua merdeka, Papua merdeka. Bapak bukan merah putih, Bapak bintang kejora,” teriak koordinator aksi yang juga mahasiswa Unisri Solo, Frans Hisage Frans, disela aksi demo, di bundaran Gladak, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Senin (10/6/2013).

Frans menilai, Papua lebih menderita dibanding provinsi lainnya. Pemerintah pusat hanya mengekspolitasi kekayaan alam Papua, sementara penduduk asli dalam kondisi tertindas. Mereka mendesak pemerintah membuka ruang demokrasi dan memberikan hak untuk menentukan nasib sendiri sebagai hak demokrasi bagi rakyat Papua.

"Momen ini sangat tepat, karena saat ini sedang berlangsung MSG Summit di kota Noumea, New Caledonia. Salah satu pembahasannya adalah proposal West Papua National Coalition for Liberation (WPNCL). Kita mengajukan diri menjadi anggota MSG," jelas Frans.

Sumber : www.okezone.com

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.