Alam

Total Korban Jiwa Runtuhan Tambang Freeport di Papua 28 Orang

Tim SAR Saat Evakuasi Korban
Jakarta - Korban tewas akibat runtuhan tambang bawah tanah Bog Gossan milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Papua total menjadi 28 orang. Emergency Response Team berhasil mengevakuasi dan mengidentifikasi pekerja terakhir yang terkubur dalam reruntuhan pada pagi dini hari tadi.


“Kami terus dalam keadaan berkabung bersama dengan keluarga, bahkan saat kami telah selesai menutup satu bagian yang menyedihkan terkait dengan insiden Big Gossan ini,” kata Presiden Direktur PTFI, Rozik B. Soetjipto. 



“Masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk memberikan penanganan yang terbaik serta dukungan bagi yang cedera dan keluarga yang berduka,” tambahnya.



Terdapat 38 pekerja yang berada dalam ruang kelas di fasilitas pelatihan tambang bawah tanah Big Gossan saat runtuhnya sebagian terowongan pada pukul 7:30 pagi waktu setempat, tanggal 14 Mei.



Emergency Response Team telah berhasil untuk menyelamatkan 10 orang pekerja namun sangat disayangkan mereka tidak dapat menyelamatkan 28 orang pekerja yang tertimbun reruntuhan di dalam ruang kelas.



Sejak terjadinya insiden tersebut, Emergency Response Team PTFI telah berusaha dengan sekuat tenaga untuk melakukan evakuasi terhadap korban yang masih tertimbun. Usaha penyelamatan mereka menjadi lebih sulit karena terbatasnya ruang dalam terowongan dan dan risiko runtuhan atap lebih lanjut di lokasi.



Hari ini, PTFI akan melakukan dengan upacara bela sungkawa yang akan dilaksanakan di Kantor Freeport di Jakarta dan Papua. Sementara 10 pekerja yang berhasil diselamatkan kini dilaporkan tengah dalam kondisi yang stabil.



Daftar lengkap korban jiwa dari insiden Big Gossan adalah: 

  1. Aan Nugraha
  2. Amir Tika
  3. Aris Tikupasang
  4. Artinus Magal
  5. Daniel Tedy Eramuri
  6. David Gobai
  7. Febry Tandungan
  8. Ferry Edison Pangarbuan
  9. Frelthon Wantalangi
  10. Gito Sikku
  11. Hengky Ronald Hendambo
  12. Herman Susanto
  13. Jhoni Michael Ugadje
  14. Joni Tulak
  15. Lestari Siahaan
  16. Lewi Mofu
  17. Ma’mur
  18. Mateus Agus Marandof
  19. Muntadhim Ahmad
  20. Petrus Frengo Marangkerena
  21. Petrus Padak Duli
  22. Retno Bone
  23. Rooy Rogers Kailuha
  24. Selpianus Edowai
  25. Suleman
  26. Victoria Sanger
  27. Wandi
  28. Yapinus Tabuni


(ang/dnl) 
Sumber : www.detik.com


About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.