Berita

Pesawat Dengan Muatan BBM Terbakar Di Bandara Wamena

Pesawat cargo Nusantara jenis PK-JKC seri BAe 146-200
 ketika mengalami kebakaran di Bandara Wamena, 
kemarin. (Jubi/Islami)
Wamena – Pesawat cargo Nusantara jenis PK-JKC seri BAe 146-200 buatan Inggris yang terbang dari Bandara Sentani menuju Wamena dengan membawa Bahan Bakar Minyak (BBM), terbakar di Apron II Bandar Udara Wamena, Rabu (8/5) kemarin sekitar pukul 11.45 Wit ketika sedang melakukan bongkar muat barang.
Pesawat cargo Nusantara yang merupakan operator dari Walesi Anugrah Mandiri tersebut, diawaki Pilot Kapten Tatang dan Co.Pilot, Ryan dengan membawa sejumlah drum berisikan BBM untuk di Wamena. Dari keterangan salah seorang saksi, Kris yang merupakan Loader atau buruh bongkar muat Bandara yang saat itu berada di dalam Pesawat mengatakan, sekitar pukul 11.30 Wit dirinya melakukan bongkar muat BBM di Pesawat, namun berselang beberapa menit kemudian tiba-tiba terjadi percikan api di salah satu drum BBM yang berada di bagian belakang Pesawat.


“Drum BBM tersebut diduga penutupnya terbuka sehingga ledakan karena suhu Pesawat yang panas sehingga memicu timbulnya api,” ujarnya kepada wartawan.
Diakui, sebelum terjadinya percikan api salah seorang petugas forklip bernama untuk mengangkat drum dari dalam Pesawat, namun ketika melihat munculnya api operator forklip tersebut panik dan berusaha mengamankan drum yang diangkutnya tersebut. Namun drum BBM yang diangkut tersebut terjatuh dan operator forklip mengamankan diri, karena telah melihat adanya api di dalam Pesawat. Selain itu, saat terjadi kebakaran juga ada beberaa petugas dari Nusantara AirLines yang sedang mengawasi bongkar muat barang yaitu seorang Teknisi bernama Hanafi, FOO Mamad Kosim namun tidak mengalami cedera.
Hanya seorang Loader bernama Kris yang mengalami luka bakar ringan di bagian lengan sebelah kanan dan wajah bagian kanan. Setelah kejadian, Kris langsung berlari keluar Pesawat dan diamankan di oleh petugas Bandara Wamena untuk mendapatkan pengobatan awal dan setelah itu dilarikan ke rumah sakit Wamena. Melihat terjadi kebakaran di bagian belakang Pesawat, karena panik Pilot dan Co Pilot langsung keluar dengan cara loncat  dari kemudi Pesawat, mengakibatkan keduanya mengalami luka retak di bagian kaki.
Setelah loncat menyelamatkan diri, Pilot dan Co.Pilot langsung dilarikan ke Rumah Sakit Wamena guna mendapatkan perawatan secara intensif. Dari keterangan salah seorang petugas di Rumah Sakit, Pilot Pesawat Nusantara, Kapten Tatang mengalami retak tulang di kaki bagian kiri dan langsung di gips.
Lambatnya tim pemadam kebakaran Bandara Wamena tiba dilokasi kebakaran dan akibat kencangnya tiupan angin, membuat api merambah cepat ke bagian depan Pesawat. Dua mobil pemadam kebakaran Bandara Wamena langsung dikerahkan, dan disaksikan warga yang ingin melihat langsung kejadian. Saat itu pula, Wakil Bupati Jayawijaya, Jhon R. Banua, Kapolres Jayawijaya, AKBP F.S Napitupulu, S.ik dan Dandim 1702/JYW, Letkol Inf Yusuf Sampetoding tiba dilokasi kejadian.
Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya tiga orang mengalami luka-luka. Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi langsung dari pihak Bandara Wamena terkait kejadian kebakaran Pesawat tersebut. Kapolres Jayawijaya, AKBP F.S Napitupulu, S.ik kepada wartawan di lokasi kejadian mengatakan, Pesawat Nusantara membawa BBM dari Bandara Sentani, dugaan sementara kebakaran akibat adanya drum berisi BBM jatuh dari forklip dan mengeluarkan percikan api.

“Nanti kita akan meminta keterangan saksi-saksi yang mengetahui kejadian,” ungkap Kapolres. (JUBI/ISLAMI) 



About WP News

Powered by Blogger.