Berita

Orang Kampung Juga Bisa Jadi Pengelolah

Warga kampung Homfolo dan Baborongko
saat mengikuti sosialisasi penerapan teknologi tepat guna
untuk menghasilkan air bersih di kampung
Homfolo Distrik Ebungfau,Sabtu(18/5) / foto ab/jubi
Sentani - Sistem pengelolaan managemen perusahaan bukan hanya domainnya warga kota, karena warga yang hidup di kampung juga punya kemampuan yang sama bahkan lebih baik dalam mengelolah suatu organisasi. Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengelolaan Infrastruktur Provinsi Papua, Ir. J. I. Christian Wayoi, MMT., MT ketika membuka sosialisasi penerapan teknologi tepat guna untuk menghasilkan air bersih di kampung Homfolo Distrik Ebungfau,Sabtu(18/5). 

“ Warga kampung juga cerdas, mereka hanya butuh pendamping yang mampu memberikan pemahaman suatu persoalan dengan benar dan dengan cara yang tepat, sehingga mereka cepat menangkap maksud yang ingin disampaikan, dan setelah itu mereka mampu melakukan dengan baik apa yang diinginkan secara mandiri,”ungkap Wayoi.

Dijelaskan, bahwa dalam metodologi gerakan masyarakat dibutuhkan fasilitator, motivator, inovator bahkan juga provokator untuk merubah mindset masyarakat dan menumbuhkan percaya diri, agar mampu melihat potensi lokal sebagai peluang untuk menyelesaikan masalahnya secara mandiri. 

Ditambahkan, dalam konteks masalah air dan kehidupan perlu dikenalkan slogan “Air jernih belum tentu bersih, apalagi sehat, banyak belum tentu cukup, namun miskin juga belum tentu tidak daat berbuat apa-apa”. Dengan demikian diharapkan akan terbangun pendapat bahwa masyarakat perlu hati-hati dengan keberadaan air dan siapapun dapat berbuat sesuatu demi menjaga kesehatannya sendiri. 

Jadi, Kepala BPI Papua ini berharap melalui organisasi yang dibentuk secara mandiri oleh masyarakat dapat memberikan harapan yang baik bagi pengelolaannya untuk mendapatkan hasil yang terbaik demi kebaikan masyarakat dan demi kesejahteraan masyarakat di masa mendatang. (Ab/Jubi)

Sumber : www.tabloidjubi.com

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.