Berita

Mama Pedagang Asli Papua Tidak Dapat Los Di Pasar Youtefa

Salah Satu Petugas penertiban Pasar Mengarahkan
 Mama Pedang Asli Papua masuk Julan di dalam lokasi Pasar (Jubi/Mawel)
Jayapura — Mama-mama pedagANG sayur asli Papua tidak mendapat tempat di Pasar Youtefa. Mama-mama  terpaksa berjualan di atas tanah bahu jalan dan bukan dalam los pasar. 

“Di dalam semua orang Papua tempat jual kaset, kios-kios, kita terpaksa jual ke badan jalan saja,”ujar Notaige, salah satu warga yang berjualan di bahu jalan kepada tabloidjubi.com, Jumat (17/5) di Pasar Youtefa, Kota Jayapura, Papua. 

Ketika berjualan di bahu jalan, menurut Notaige, pemerintah merasa menganggu aktivitas pasar. Pemerintah harus usir mereka dan pasang pengumunan. “Pemerintah larang, usir kami jualan di dalam pasar. Pemerintah pasang pengumuman larang berjualan di bahu jalan,”tuturnya. 

Sekalipun begitu, menurut Notaige, mama-mama harus berjualan di bahu jalan. “Kalau tidak ada tempat, kita tetap berjualan di sini,”tuturnya. Kalau penguman itu, menurut Notaige, bukan solusi. “Pemerintah harus mencari tempat yang layak dan trategis.”katanya.


Saat  Notaige memberikan keterangan kepada tabloidjubi.com, salah satu petugas datang menjalankan  tugas dan  mengarahkan warga untuk berjualan di dalam. “Kamu lihat kah tidak larangan jualan  di bahu  jalan atau trotoal jalan, angkat barang masuk julan di dalam,”teriak salah satu pria petugas penertiban pasar itu. 

Warga tidak mau menuruti perintah  petugas dan para pedagang balik menyerang petugas itu “Kami mau jualan di mana, semua tempat dipenuhi dengan penjual kaset, pakaian,”tutur Helena, salah satu pedagang sayur. Helena melontarkan pertanyaan kepada petugas itu. “Walikota tidak lihat situasi kami di pasarkah?  Kalau orang di kampung sana malu kalau menlihat situasi ini,”tuturnya. (Jubi/Mawel)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.