Berita

Istana Bantah SBY Pernah Setuju Papua Merdeka

Daniel Sparringa, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik - (Foto: Istimewa)
Jakarta – Kalangan istana membantah pernyataan bahwa Presiden SBY menyetujui Papua merdeka pasca Pilpres 2014.
"Pernyataan Herman Doggpia yang dimuat di inilah.com yang menyebutkan bahwa ‘Presiden SBY menyetujui Papua merdeka pasca pilpres 2014’ adalah sebuah hasutan yang tidak saja sangat menyesatkan namun juga merupakan sebuah propaganda politik yang diarahkan untuk menyuburkan faham separatisme di Papua,” kata Daniel Sparringa, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik dalam e-mail yang dikirim ke redaksi Inilah.com, Selasa (21/5).
Selain tidak berdasar, jelas Daniel, propaganda ini menyembunyikan fakta yang sebenarnya tentang Prakarsa Jakarta untuk menuntaskan masalah Papua dalam waktu yang segera.
“Presiden SBY justru berketetapan melakukan pembicaraan yang intensif agar dalam masa pemerintahannya semua persoalan Papua dapat diselesaikan,” kata Daniel.
Ia menjelaskan, mewujudkan Papua tanah damai, sejahtera, dan berkeadilan merupakan komitmen politik Presiden SBY. Papua adalah bagian yang utuh dari Republik Indonesia.
“Formula politik di luar itu tidak pernah, tidak boleh, dan tidak mungkin menjadi pilihan. Presiden mengajak semua elemen di dalam dan luar Papua untuk memberikan yang terbaik demi cita cita Papua yang maju bersama daerah lain di negeri ini,” katanya.
Sebelumnya, penulis kolom ‘Celah’ edisi Senin (205) Derek Mamangka menulis hasil perbincangannya dengan anggota Kaukus Papua Herman Dogopia
Dalam tulisan itu Herman mengakui eskalasi atas keinginan untuk merdeka sempat meredup. Tapi kemudian membara lagi setelah pemimpin OPM, Theys Eluay dibunuh atau terbunuh. Pada 11 Nopember 2001 ia ditemukan tewas di dalam mobilnya yang berada di luar kota Jayapura.
Keinginan menjadi merdeka, semakin membara terutama dipicu oleh pernyataan Presiden SBY tahun lalu.
Menurut Herman, sudah menjadi rahasia umum di masyarakat Papua bahwa Presiden SBY tidak mau berdialog lagi dengan rakyat Papua. Entah apa alasannya tapi yang pasti SBY sendiri sudah menyatakan setuju Papua merdeka.
Sumber : www.inilah.com

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.