Berita

Demokrasi Mulai Dari Kampus

Christ B. Puraro (ist)
Jayapura – Sebagai makhluk politik (Zoon Politicon) kita seharusnya berpolitik untuk mencapai kesejahteraan bersama dalam suatu negara, baik secara praktis melalui  partai politik, pun melalui cara lain. 


Lingkungan kampus merupakan tempat untuk belajar berpolitik. Hal ini dikatakan mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ekonomi Sastra dan Sosial Politik (FESSOSPOL), Christ B. Puraro saat menemuitabloidjubi.com di Kampus Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ), Padangbulan, Kota Jayapura, Papua, Senin (27/5). 



Menurut Christ, yang juga gubernur  mahasiswa FESSOSPOL ini, mahasiswa, terutama mahasiswa Papua harus bisa belajar berpolitik secara bermartabat dan bermoral, setidaknya dimulai dari kampus. “Menurut saya proses belajar berorganisasi, dimulai dari sekolah, seperti OSIS, HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan), hingga KNPI. Organisasi hidup apabila manusianya hidup,” katanya.



Karena itu, dirinya mencalonkan diri menjadi kandidat Presiden Mahasiswa di lingkungan kampus USTJ. Jumat (30/5), USTJ akan menyelenggarakan pemilihan presiden mahasiswa (presma). Terdapat tiga kandidat, yang terpilih dari beberapa fakultas. 



Kaleb Hendrikus Yenusi, Sekretaris KPU USTJ mengatakan, 4000-an mahasiswa dalam daftar pemilih tetap (DPT) akan mengikuti pesta demokrasi di  universitas dengan lima fakultas ini. “Kita berharap, pemilihan akan berlangsung aman. Setiap kandidat harus menyampaiakan visi-misinya dengan baik sehingga mahasiswa dapat melihat dan menilai sosok yang layak menjadi presma (presiden mahasiswa),” katanya. 



“Setelah kampanye hari terakhir nanti aka nada debat kandidat. Bersaing secara politk sajalah, ini kan tahap pembelajaran,” sambung Ketua KPU USTJ, Yeviks Ramandey. (Jubi/Timoteus Marten)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.