Berita

12 Tahun Otsus Papua, Belum Ada Evaluasi


Jayapura – Plt. Direktrur Institute For Civil Society Strengthening (ICS) Papua, Yusak Reba mengatakan, sudah 12 tahun implementasi pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) Papua berjalan, namun belum ada evaluasi secara baik oleh Majelis Rakyat Papua dan DPR – Papua bersama Pemerintah Provinsi Papua. 

“MRP dan DPR Papua tidak pernah melakukan evaluasi Otsus, sehingga belum jelas indikator keberhasilan yang dicapai selama ini,” ujar Yusak Reba, di Jayapura, Minggu (12/5). 

“Jika kebijakan pemerintah untuk menata pelaksanaan otonomi khusus secara baik, maka harus dilakukan evaluasi secara menyeluruh, karena disadari pemerintah bahwa masih banyak kekurangan, tetapi juga ada hal-hal yang perlu di isi,” ucapnya.

Dijelaskan, dalam pasal 78 UU Otsus, maka diusulkan lewat MRP ke DPR – Papua hingga DPR – RI, dalam hal ini ada dua hal yang harus di evaluasi, yakni materi undang – undang Otsus harus di kaji dan melihat kekurangan dimana selama ini. “Lalu, kalau tidak ada evaluasi dan kajian ilmiah, maka atas dasar apakah menilai sebuah keberhasilan selama ini,” tuturnya. 

Terkait evaluasi Otsus Papua, hanya sekali pada tahun 2004, namun hingga kini, 12 tahun berjalan, belum ada evaluasi yang dilakukan, sehingga rakyat terus menilai Otsus gagal dan perlu ada perbaikan yang berpihak kepada kesejahteraan rakyat. (Jubi/Eveerth)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.