Berita

Sikapi Situasi di Tambrauw, SUP Akan Gelar Aksi Kemanusiaan

Yogyakarta - Untuk menyikapi situasi wabah yang telah merenggul puluhan nyawa rakyat Papua di Kab. Tambrauw ( Papua Barat ) seperti yang telah diberitakan oleh media - media lokal maupun media nasional belakangan ini, maka Solidaritas Untuk Papua ( SUP ) wilayah Jogja menggelar diskusi dan konsulidasi awal pada hari ini ( Sabtu, 06 - 04 - 2013 ) yang bertempat di Asrama Mahasiswa Papua " Kamasan I " Yogyakarta.

Diskusi dan konsulidasi ini dihadiri oleh utusan berbagai dari berbagai organisasi pro demokrasi, organisasi  - organisasi mahasiswa Papua, dan Ikatan Mahasiswa Tambrauw yang ada di Yogyakarta. Dalam diskusi yang berlangsung  sekitar 3 jam ini, SUP menyimpulkan bahwa telah terjadi Pembiaran oleh Pemerintah Daerah setempat dan Pemerintah Indonesia yang menyebabkan rakyat puluhan rakyat meninggal dunia.

Selain itu, SUP juga menyimpulkan bahwa peritiwa ini masuk dalam kategori pelanggaran HAM, dimana rakyat Papua yang meninggal akibat terjangkit wabah ini tidak mendapatkan HAK mereka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Dan juga, jika dilihat dari rentetap peristiwa serupa yang terjadi di beberapa daerah di Papua beberapa tahun terakhir ini, maka ini dapat dinyatakan sebagai upaya Genosida secara sistematis yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia terhadap rakyat Papua yang terkena wabah yang mematikan seperti ini. Hal ini diperkuat dengan lambatnya sikap dan diamnya pemerintah Indonesia dalam menyikapi kondisi ini.

Dari hasil diskusi yang panjang ini, Solidaritas Untuk Papua ( SUP ) telah menyepakati akan melakukan beberapa rangkaian kegiatan, untuk menyikapi situasi di Kab. Tambrauw dan Papua pada umumnya. rangkaian kegiatan yang disepakati terdiri atas 3 rangkaian kegiatan, yaitu : 1. Aksi Demonstrasi, 2. Panggung Demokrasi, dan 3. Penggalangan Dana. [krbnews]


About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.