Berita

Protes Kenaikan Biaya, Aktivitas Kuliah Lumpuh

Ilustrasi Mahasiswa USTJ (Jubi/Timoteus)
Jayapura - Ribuan mahasiswa Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) melakukan aksi protes terhadap kenaikan biaya kuliah di kampusnya. Akibatnya, seharian aktivitas kuliah tak berjalan sebagaimana biasanya.

Pantauan media ini, Selasa (26/3) siang, mahasiswa memenuhi auditorium kampus USTJ di Jalan Raya Sentani, Padang Bulan, Kota Jayapura, Papua untuk melakukan audiensi dengan pihak rektorat.

Salah seorang mahasiswa USTJ yang juga Gubernur Fakultas Ekonomi Sastra dan Sosial Politik (Fessospol), Christ B. Puraro saat ditemui tabloidjubi.com mengatakan, sejauh ini kebijakan kampus dirasa membebankan mahasiswa. Biaya wisuda, misalnya, semula dibebankan Rp 2 juta per mahasiswa, namun kini mengalami kenaikan hingga Rp 2,5 juta. Selain itu, masih ada biaya lainnya yang dinilai membebankan mahasiswa.

“Semoga mengalami penurunan. Masih ada protes kenaikan lainnya, seperti pembayaran Fix Cost, Vairabel Cost dan pembayaran denda. Perlu ada kejelasan. Karena selama ini lembaga menaikkan turun biaya seenaknya saja,” kata Christ B. Puraro, mahasiswa jurusan Hubungan Internasional ini.

Sedikitnya empat ribuan mahasiswa sedang belajar di kampus dengan lima fakultas ini, yaitu, Fessospol, FTIK, FTSP, Fikom dan Fikes.

Di tempat terpisah, salah seorang mahasiswa di kampus ini yang enggan menyebut namanya mengaku, selama ini, ia dan teman-temannya mengeluhkan sarana dan prasarana penunjang belajar. Mereka malah belajar di ruangan yang sempit, sementara kapasitas mahasiswa melebihi ruangan kuliah. “Kami hanya mengikuti kuliah di ruangan sempit,” kata dia.

Hingga berita ini ditulis, pihak rektorat kampus belum bisa dihubungi. Namun, salah seorang mahasiswa Fessospol, Anton mengatakan, lembaga akan merespons aspirasi mahasiswa pada Selasa pekan depan. Kecuali itu, kata Anton, seluruh mahasiswa tidak menghendaki adanya kenaikan biaya kuliah yang sangat melambung.

USTJ merupakan salah satu kampus swasta yang turut memberikan sumbangsih bagi kemajuan sumber daya manusia di Papua. (Jubi/Timoteus Marten)

Sumber : Tabloid Jubi

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.