Berita

Masyarakat Distrik Kwor Menderita Busung Lapar

Pelayanan Kesehatan di Papua (sesawi.net)
Tambrauw — Masyararakat di Distrik Kwor Kampung; Jocjoker, Kosefo, Baddei, Sukuwes, Krisnos tengah dilanda wabah yang terjadi kurang lebih sejak November 2012 lalu. Wabah ini menyebabkan masyarakat menderita busung lapar atau kurang gizi dan gatal-gatal. Hal ini dikatakan Yohanis Mambrasar dari Solidaritas Rakyat Peduli Kemanusiaan dalam release yang diterima tabloidjubi.com hari Minggu (31/3).

“Penyakit yang diderita diantaranya busung lapar dan gatal-gatal karena pelayanan kesehatan yang belum pasti hingga Februari 2013 kematian mulai berjatuhan di Distrik kwor. Kampung-kampung yang mengalami kematian diantaranya: Kampung Baddei untuk orang sakit 250 orang dan meninggal 45 orang, Kampung Jokjoker orang sakit 210 dan meninggal 15 orang, Kampung Kosefo orang sakit 75 orang dan meninggal 35 orang,” demikian kata Yohanis Mambrasar.

Menurut Mambrasar, pihaknya telah menemui beberapa warga di Distrik Kwor dan masyarakat mengaku tidak pernah mendapat pelayanan kesehatan. Setiap datang pengobatan ke Pustu di Distrik Kwor tidak ada mantri atau dokter di tempat, membuat mereka harus berjalan kaki ke Kampung-kampung lain yang ada pelayanan kesehatannya.

“Dari keterangan pelayan Gereja di Kampung Jokjoker misalnya bahwa sakit masal warga di kampung Jokjoker dimulai pada November 2012. Ada warga yang sempat mencari pengobatan ke Werur dan sudah ada laporan ke medis di Kampung Bikar dan Kampung Werur namun tidak ada kepedulian begitu juga disampaikan ke Distrik Sausapor, ibu kota sementara Kabupaten Tambrauw namun belum ada kepastian atau kesannya tidak peduli,” ungkap Mambrasar lagi.

Hingga Febuari 2013, masyarakat mengalami kematian hampir di setiap kampung dari distrik Kwor dan berturut-turut, hingga pasien dari Kampung Kosefo yang sakit hampir 12 orang bersama dengan Kepala Bamuskam melakukan perjalanan ke Distrik Sausapor dengan menempuh jarak empat hari untuk berobat dan rawat inap di Pustu di Distrik Sausapor. (Jubi/Aprila Wayar)

Sumber : Tabloid Jubi

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.