» » » » » » » » » » Kapolda Papua : Pileg 2014 Rawan Konflik

Kapolda Papua : Pileg 2014 Rawan Konflik

Penulis By on Sunday, March 31, 2013 | No comments

Kapolda Papua, Irjen Pol Tito Karnavian. (Jubi/Arjuna)
Jayapura – Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua mengklaim Pemilukada Legislatif (Pileg) 2014 di Papua berpotensi rawan konflik. Kapolda Papua, Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan, potensi kerawanan Pileg sudah terlihat.

Ia mencontohkan, dinamika saat penentuan Daerah Pemilihan (Dapil), dimana saat ini Dapil pada Pileg sebelumnya hanya enam, 2014 mendatang menjadi tujuh Dapil. “Bahkan ada usaha untuk memekarkan daerah pemilihan. Ini akan menjadi potensi kerawanan dan berujung pada gangguan keamanan,” kata Tito, Rabu (27/3).

Menurutnya, potensi kerawanan terjadinya konflik tentu menjadi gangguan keamanan karena akan melibatkan massa atau mobilisasi massa, sehingga tentu akan berimpilkasi pada kerawanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Dengan adanya potensi kerawanan ini, aparat keamanan selaku pengemban tugas keamanan telah meminta informasi lengkap kepada jajaran Forkompinda,” ujarnya.

Terkait penembakan Helikopter missionaris nomor penerbangan VIDA PK-HME yang dipiloti warga negara Jerman, Gunter saat melintas di atas Puncak Senyum, Kabupaten Puncak Jaya, Selasa (26/3) kemarin dikatakan, kuat dugaan pelaku adalah kelompok PW.

“Pelaku penembakan menggunakan senjata laras panjang. Motif sementara penembakan diduga tujuannya membuat kacau keamanan dan mengkambing hitamkan aparat keamanan. Tapi aparat keamanan ini posisinya tidak mungkin melakukan penembakan, sesuai hasil olah TKP, tembakannya disamping atau dekat pilot. Ini hanya bisa ditembak di ketinggian. Sedangkan posisi TNI letaknya dibawah,” kata Tito. (Jubi/Arjuna) 

Sumber : Tabloid Jubi
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya