Berita

Demo Tolak Gugatan Pikada Papua di MK Ricuh, 1 Orang Diamankan

Sejumlah massa aksi
JAKARTA - Sejumlah mahasiswa dan masyarakat Papua, melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) Jakarta Pusat, Senin (18/2).

Para pendemo meminta agar pasangan Gubernur terpilih Lukas Enembe-Klemen Tinal, segera untuk dilantik jangan ada proses gugatan lagi di gedung (MK) dari pasangan dan pendukung yang sudah kalah Pilkada, teriak pendemo.

Dalam aksi unjuk rasa sempat terjadi salah paham antara pendemo dengan aparat kepolisian yang bertugas. Di mana pendemo mendorong salah seorang Anggota Polisi yang sedang bertugas, akibat dari kejadian ini, seorang pendemo langsung diamankan ke Polres Metro Jakarta Pusat.

Hal ini dibenarkan oleh Kapolsek Metro Gambir AKBP Tatan Dirsan Atmaja.

"Iya benar tadi kita amankan seorang pendemo karena mendorong petugas, namun tidak ada laporan resmi dari korban hanya diamankan saja", ujarnya singkat.

Akibat dari aksi mahasiswa Papua sempat memacetkan arus lalu lintas di depan Gedung MK jalan Merdeka Barat ke arah Istana Merdeka.

Para pendemo melakukan aksi duduk sambil terus berorasi dan meminta (MK) untuk menolak dan tidak menerima pendaftaran gugatan yang seharusnya didaftarkan siang tadi oleh para pendukung Gubernur yang kalah dalam Pilkada.

Ketua KPU Provinsi Papua Beny Suweni mengatakan bahwa hasil rekapitulasi telah sah, dan pasangan Lukas Enembe, dan Klemen Tinal, pemenang Pemilukada Gubernur Papua, Rabu (13/2).

"Saya tetapkan Gubernur Papua dan Wakil Gubernur terpilih adalah Lukas Enembe dan Klemen Tinal bila tidak ada gugatan dari lima kandidat lain, hasil pleno ini akan segera diserahkan ke DPR dan selanjutnya diserahkan kementerian Dalam Negeri," ujarnya.

Namun siang hari ini, pasangan kadidat yang kalah saat ingin melakukan gugatan dihalangi oleh pendemo, dan meminta mereka segera dicabut gugatannya.

"Pendemo beralasan karena akan memperlambat jalanya pembangunan di Papua," ujar Yan Wenda, salah seorang kordinator aksi.(bhc/put)

Foto2 : di sini

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.