Berita

Tak Ada Lagi Program Transmigrasi ke Papua

Yan Piet Rawar. (Jubi/Arjuna)
Jayapura — Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Papua, Yan Piet Rawar menegaskan, tak ada lagi program transmigrasi atau perpindahan penduduk dari luar Papua ke Papua. Selanjutnya yang akan dilakukan program perpindahaan penduduk antar kabupaten di Papua.

“Kita tahu perpindahan penduduk dari luar Papua ke Papua cukup besar dan meningkat tiap tahunnya, karena Papua mempunyai daya tarik tersendiri bagi orang luar untuk mencari peluang kerja. Namun kita di Papua sendiri lahan terbatas. Untuk itu, saat ini tidak ada program transmigrasi ke Papua. Yang akan dilakukan pemerintah adalah program imigrasi atau perpindahan penduduk antar kabupaten yang ada di Papua,” kata Yan Piet Rawar, Kamis (17/1).
Selain itu menurutnya, penumpang gelap yang masuk ke Papua selama ini cukup besar. Pihaknya sendiri sejauh ini belum melakukan pengawasan terhadap mereka ini.
“Pengawasan sampai saat ini kita belum miliki, karena itu kami sedang menyusun Perdasi. Perasi yang kami susun tentang kependudukan ini harus dilakukan revisi karena kaitannya dengan peraturan-peraturan yang lebih tinggi atau UU kependudukan,” jelasnya.
Namun lanjut dia, dengan adanya penerapan e-KTP data penduduk bisa lebih akurat. “Sekarang ada penerapan Kartu Tanda Penduduk elektronik, kita butuh data yang akurat, karena memang penduduk yang masuk seenaknya tidak bisa terdeteksi  dengan baik. Penumpang gelap itu memang harus dibatasi,” tandas Yan Piet Rawar.(Jubi/Arjuna)



About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.