Berita

Minim Fasilitas dan Tenaga Medis, Warga Wapoga Jarang Berobat

Nabire — Saat ini tingkat kesehatan masyarakat di Distrik Wapoga, Kabupaten Nabire, sangat buruk. Hal ini karena banyak jenis penyakit mendera warga setempat, namun selama ini belum ada pelayanan medis secara rutin. Jumlah petugas kesehatan yang ditempatkan pun tak cukup untuk menjangkau kampung-kampung.

Hal itu diungkapkan petugas Puskesmas Wapoga, Suster Merlyn Watopa, Sabtu (22/12) di Nabire. “Biasa kita berikan pelayanan sama masyarakat, tapi untuk kampung belum semuanya. Tenaga medis yang ada di Distrik Wapoga hanya kita beberapa orang saja,” katanya.
Dari pengalaman selama ini, kalaupun warga yang berdomisili di perbatasan Kabupaten Nabire dan Kabupaten Waropen itu merasakan adanya gejala sakit, tak sedikit enggan ke Puskesmas. “Misalnya sudah rasa gejala malaria, rematik, batuk, dan sakit lain, tapi kadang itu dianggap biasa. Tidak mau cepat berobat,” cerita Merlyn.
Distrik Wapoga terdapat 7 kampung. Letaknya berjauhan. Menyulitkan petugas medis memberi pelayanan secara rutin. “Selain Wapoga dan Pirare, kampung lain sulit terjangkau. Lagian petugas medis terbatas, jadi butuh tenaga untuk bisa layani semua,” kata istri Kepala Distrik Wapoga ini.
Upaya yang dilakukan selama ini, selain pelayanan sehari-hari di Puskesmas Wapoga, diadakan pula pengobatan massal. “Kami adakan adakan pengobatan massal supaya orang-orang datang ramai-ramai untuk periksa kesehatan dan dapat obat,” lanjut Merlyn Watopa.
Pengobatan massal pada tahun lalu, Puskesmas Wapoga didukung oleh Pemerintah Distrik menggandeng Poliklinik Santo Rafael Bukit Meriam Nabire. Saat itu ada 127 orang yang mendapat layanan medis dari Dokter Pingky dibantu Suster Merlyn Watopa dan beberapa petugas Puskesmas Wapoga.
Untuk ke depan, diharapkan pelayanan kesehatan masyarakat di kampung-kampung mesti mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Tentunya menambah tenaga yang cukup plus pengadaan fasilitas medis yang memadai.
Selain itu, penyadaran akan pentingnya kesehatan perlu terus diberikan kepada warga agar sesegera berobat ke Pustu ataupun Puskesmas, tidak lagi menunggu sampai sakitnya sekarat seperti pengalaman selama ini. (Jubi/Ones Madai)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.