Berita

Loket Rumah Sakit Tutup, Pasien Terlantar

RSUD Yowari, Kabupaten Jayapura sekitar 60 KM
arah barat dari Kota Jayapura.(Jubi/ist)
Sentani -Warga yang hendak berobat mengeluh karena loket tempat pengambilan kartu berobat di Rumah Sakit Umum Daerah Yowari Kab. Jayapura tertutup rapat. Padahal warga sangat butuh perawatan mendesak, walau dilayani di UGD pasien wajib daftar ke loket. Sayangnya sejak liburan natal hingga, Rabu(2/1) loket pengambilan kartu belum lagi di buka alias tertutup.
“Loket tutup terus karena mungkin dong masih libur,” kata Yeret salah satu pasien saat mengeluh kepada tabloidjubi.com.
Dia menambahkan loket tertutup dan tidak terbuka sebenarnya sangat bertentangan dengan informasi di papan pengumuman. “Pengumuman libur hanya tanggal merah saja tapi nyatanya  hari ini masih tutup,”kata Yeret kepada tabloidjubi.com, Rabu (2/1) di rumah sakit Yowari, Sentani, Kab. Jayapura.
Karena loket tutup, pasien terpaksa dilayani lewat Unit Gawat Darurat. “Kami tadi lewat UGD,”kata salah satu pasien kepada Yeret. Yeret mengaku dirinya ke UGD, namun UGD merujuknya ke loket untuk mengurus kartu. “Saya ke UGD tapi mereka arahkan saya urus kartu dulu di Loket,”katanya.
Sampai di loket, Yeret menemui kalau loket tertutup. “Yah loket tutup,” kata Yeret Sokoy. Yeret yang masih menjerit kesakitan karena  kecelakan lalulintas itu harus berkeluh kesah. “Awal tahun mestinya rumah sakit buka. Rumah sakit tidak boleh tutup lama,” katanya.
Sambil menjerit, Yeret sayangkan pelayanan RSUD yang setegah hati. “ Saya ke UGD merujuk ke loket. UGD bilang buat kartu dulu di loket. Sekarang loket tutup, bagaimana ini,” katanya.
Demi mendapatkan pelayanan, Yeret harus menghubunggi keluarganya yang kerja di RSUD Yowari untuk buatkan kartu.  “Saya menunggu mamade saya buatkan kartu,”katanya. Setelah menunggu 30 menit kemudian, keluarga Yeret, pegawai medis RS Yowari itu datang. Yeret diajak ke UGD. “ Mari kita ke UGD saja,” katanya.
Sampai di sana, petugas UGD masih bernada menolak. “Kenapa tidak langsung ke UGD kemarin,”tanya petugas sama Yeret. Tanpa menjawab, Yeret sambil menjerit kesakitan duduk di kursi roda untuk dilayani. Petugas meninggalkan Yeret menuju ke dalam ruangan. Jelang 15 menit kemudian petugas datang dengan peralatan medis untuk melayani Yeret.
Informasi loket akan dibuka besok tangga 3 Januari. “Besok baru buka loket,” kata salah satu petugas yang tidak menyebutkan namanya dalam pemberitaan ini.(Jubi/Mawel)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.