Berita

70 PERSEN WARGA KAMPUNG MUMUGU MENDERITA KUSTA


Ilustrasi ( logo kesehatan )
Jayapura — Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Josef Rinta, dari 300 jiwa di Kampung Mumugu, Kabupaten Asmat, hampir 70 persen menderita penyakit kusta. Sejak tahun lalu pihaknya sudah menurunkan tim ke kampung tersebut untuk penanganan medis terhadap mereka yang terdiagnosa penyakit kusta.
“Jadi begitu kita mendapat informasi, di kampung Mumugu ada ditemukan banyak penderita kusta Dinas Kesehatan langsung mengirim satu tim medis kesana. Dan dari hasil pemeriksaan, dari 300 orang 70 persen positif menderita penyakit kusta,” kata Josef Rinta kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (23/1)
Menurut dia, di Kampung Mumugu ada puskesmas pembantu, dimana dari Pemerintah Provinsi memberikan bantuan teknis melatih petugasnya ke Makasar. “Kemudian obat obatan juga di kirim dari Provinsi jadi secara program tidak ada masalah,” tambahnya.
Josef Rinta menjelaskan, penyebab penyakit kusta adalah karena warga Kampung Mumugu kurang menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri sendiri. “Saat ini penanganan terhadap warga penderita kusta di kampung Mumugu memang tidak berjalan efektif. Hal ini akibat petugas medis di Puskesmas Pembantu (Pustu) setempat yang sering tidak ada. Namun dari sisi obat-obatan tidak ada masalah, dimana provinsi selalu mendukung dari sisi logistik obat, mentoring, pelatihan, dan peningkatan kapasitas petugas, tetapi disiplin pegawai yang memantau adalah bupati dan kepala dinas kesehatan, oleh karena itu harus dilakukan pemantauan secara ketat,” ujarnya.
Menanggapi itu, Josef Rinta berharap pemerintah setempat bisa melakukan pemantauan atau pengawasan terhadap para tenaga medis agar tidak sering meninggalkan tempat tugas. “Karena bagaimana bisa dilakukan pencegahan penularan penyakit ini kalau petugasnya jarang berada di tempat,” katanya.(Jubi/Alex)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.