Berita

10 Januari Enam Pasang Cagub dan Cawagub Papua Deklarasi Kampanye Damai


Jayapura  — Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua dalam waktu dekat, yakni 10 Januari 2013 akan melaksanakan deklarasi kampanye damai di Gedung Olah Raga GOR Cenderawasih Jayapura, dan akan diikuti enam pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua.
“Sebagai tahap awal dari kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua, maka akan dilaksanakan deklarasi kampanye damai sekaligus pada deklarasi damai tersebut akan dilaksanakan gelar pasukan pengamanan Pemilukada Gubernur Papua. Jadi ada dua agenda yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Januari nanti,” kata Anggota KPU Provinsi Papua Ferry Kareth kepada wartawan, di Jayapura, Senin (7/1).
Dia menjelaskan, sebelum deklarasi digelar akan dilakukan arak-arakan dari kantor KPU Papua menuju SPN Jayapura, selanjutnya keliling Kota Jayapura dan terakhir dilakukan penandatanganan kampanye damai di GOR Cenderawasih.
“Arak-arakan ini sengaja dilakukan agar masyarakat mengetahui Pilgub ini Papua. Untuk itu hari ini KPU akan melakukan rapat koordinasi yang akan dihadiri oleh Kapolda, Kapolresta, dan enam pasangan Calon serta tim sukses serta Panswaslu,” ujarnya.
Menurut dia, sesuai dengan jadwal dan tahapan Pilgub Papua, pada Jumat (11/1) mendatang akan dilakukan penyampaian visi misi di Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP).
“Kami sudah membuat surat untuk disampaikan ke DPRP untuk pelaksanaan penyampaian visi misi di Kantor perwakilan rakyat itu,” tukasnya.
Ia menjelaskan, mulai 12 sampai dengan 24 Januari mendatang, enam pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur akan melakukan kampanye terbuka. Dimana ada enam wilayah kampenye, namun pada 24 Januari tidak akan dilakukan kampanye karena bertepatan dengan hari raya Maulid Nabi.
Meskipun demikian, lanjutnya, dua minggu tetap digunakan sebagai waktu kampanye. Dimana untuk kampanye terakhir yakni 25 Januari merupakan debat publik yang akan diwakili dari beberapa pihak, dan tanggal 26-28 merupakan masa tenang menjelang hari pencoblosan 29 Januari.
“Dalam deklarasi damai nanti, enam pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua belum dapat melakukan kampanye serta semua pasangan calon yang ikut dalam arak-arakan deklarasi tersebut dibatasi kendaraannya,” katanya.
Diketahui, sesuai Keputusan KPU Papua nomor 55 tahun 2012 tentang ketentuan waktu dan lokasi kampanye serta pemasangan alat peraga kampanye pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua menetapkan ketentuan kampanye dan pemasangan alat peraga kampanye bagi pasangan calon nomor urut satu sampai enam pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, waktu kampanye bagi pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur dimulai pukul 09-17.00 WIT. (Jubi/Alex)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.