Alam

Puting Beliung Terjang Sowek, Puluhan Rumah Rusak


Fred : Akan Segara Ditangani Namun Butuh Koordinasi DPRD Untuk Pendanaan

Ilustrasi
SUPIORI—Masyarakat Supiori yang mendiami kampung Sowek, Distrik Kepulauan Aruri, Kabupaten Supiori, terpaksa merayakan Hari Raya Natal 25 Desember 2012 di tenda-tenda darurat dan rumah sanak keluarga menyusul badai puting beliung Sabtu (22/12) kemarin yang memporak-porandakan rumah serta fasilitas umum lainnya. 

Selain merusak rumah warga, badai juga merusak sistem jaringan listrik, air bersih serta jembatan yang merupakan satu-satunya akses didalam kampung. Dan akibat badai ini kerugian ditaksir mencapai Rp.1Miliar.
Bupati Supiori Fredrik Menufandu SH MH MM, saat meninjau lokasi bencana sehari setelah kejadian mengatakan akan secepatnya menangani kerusakan yang terjadi namun karena ini membutuhkan biaya yang sangat besar harus melalui kordinasi dengan DPRD Kabupaten Supiori. 

Namun sebagai langkah awal penanganan bencana Bupati Fred meminta Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsostek) Kabupaten Supiori serta Pemerintahan Kampung segera mendata semua kerugian yang diakibatkan bencana tersebut serta melakukan perbaikan darurat.

Dalam kunjungannya Bupati Fred menyempatkan berdialog dengan masyarakat di tempat penampungan, serta melihat dari dekat kondisi rumah-rumah warga yang terkena bencana. Sayangnya tindakan pemerintah daerah kabupaten Supiori untuk tanggap darurat tidak bisa dilakukan maksimal menyusul tutup tahun anggaran. Oleh karena itu untuk menyikapi kondisi emergency tersebut, Pemerintah Daerah kabupaten Supiori akan mengundang DPRD Supiori untuk rapat bersama guna membicarakan tindakan-tindkan apa yang perlu dilakukan.
“Ini sudah tutup tahun anggaran, maka itu kita akan undang DPRD untuk bicarakan kondisi ini, kita butuh ijin prinsip dari mereka.” Jelas Bupati Fred.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Supiori, Erik Rumainum, yang telah berada di lokasi bencana sejak Sabtu pekan kemarin, kepada Bupati Fred melaporkan bahwa pihaknya bersama tim tanggap darurat (tagana) kabupaten Supiori telah membagikan bantuan bama kepada para korban, berupa beras dan indo mie. Selain itu juga, pihaknya bersama aparat kampung telah mendata kerugian yang diakibatkan oleh bencana tersebut.

Turut mendampingi Bupati Fred ke lokasi bencana badai tersebut, Asisten Sekda Supiori, Drs. Piet Maniagasi, Kadinsos Tenaga Kerja Supiori Erik Rumainum dan Kabag Kesra Setda Supiori Salomo Rumbekwan.(hen/achi/l03)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.