Berita

Kas Daerah Papua Per November Rp1 Triliun



Achmad Hatari
Jayapura (3/12) — Mantan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua, Achmad Hatari mengatakan, kas daerah Provinsi Papua per 30 November 2012, kurang lebih Rp1 triliun lebih. Dengan Demikian, kemampuan keuangan daerah masih cukup untuk membiayai program-program pembangunan Papua sampai akhir tahun 2012.
Hal itu disampaikan Achmad Hatari kepada wartawan di sela-sela serah terima jabatan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Papua yang baru, Benjamin Arisoy, di Sasana Karya, Kantor Gubernur, Dok II Jayapura, Senin, (3/12).
Menurut dia, laporan keuangan kas daerah yang disampaikan, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam berita acara serah terima jabatan kepala badan keuangan yang baru. “Jadi, ketika saya menyerahkan tugas dan tanggungjawab kepada pejabat yang baru, posisi kas keuangan Provinsi Papua per 30 November masih ada kurang lebih Rp1 triliun lebih,” tambahnya.
Dikatakannya, penyampaian posisi kas daerah ini sangat penting, sehingga tidak ada simpang siur di luar, jika kas daerah habis.
Lanjutnya, hal ini sebagaimana juga dilakukan ketika bapak Barnabas Suebu-Alex Hesegem mengakhiri masa jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur, juga kita sampaikan kondisi kas daerah, begitupun juga Pak Syamsul Arief Rivai.
“Kita lakukan ini, sehingga jangan ada pejabat yang mengakhiri tugasnya ada utang, kami tidak ingin pejabat yang baru masuk bertugas dan memikul masalah-masalah tersebut. Jadi saya mengakhiri jabatan saya sebagai kepala BPKAD Papua tanpa meninggalkan utang,” tandasnya.
Hatari menambahkan, Pemerintah Provinsi Papua juga akan mendapat tambahan dana dari Pemerintah Pusat, dimana, dana Otsus sebesar 25 persen dan dana infrastruktur kurang lebih Rp1 triliun lebih.
“Dana Otsus tahap ke empat yang akan kita terima kurang lebih Rp960 miliar dan dana infrastruktur Rp148 miliar. Dan kami sudah ajukan permintaan kepada Departemen Keuangan, dan dalam minggu ini, diharapkan sudah terealisasi,” ujarnya.
Dengan adanya anggaran cukup tersedia itu, Hatari optimis pembiayaan yang diperlukan oleh Pemerintah Provinsi Papua sampai dengan penutupan kas tahun 2012, cukup untuk membiayai kegiatan yang sudah direncanakan di dalam APBD 2012.(Jubi/Alex)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.