AMP

Berbagai Kegiatan Warnai Hari HAM



Korban Kekerasan Militer Indonesia
Jayapura  — Berbagai kegiatan mewarnai peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM), 10 Desember 2012. Berbagai kegiatan itu berlangsung di Jayapura dan Wamena.
Hal ini dikemukakan mantan wakil ketua Komnas HAM perwakilan Papua di Jayapura, Matius Murib saat menghubungi tabloidjubi.com via telpon, Minggu (9/12) malam. Matius mengatakan, berbagai kegiatan sudah disepakati untuk digelar dalam rangka peringatan hari HAM di 2012 ini. “Kami sudah sepakati berbagai kegiatan dilakukan dalam rangka peringatan hari HAM. Jadi, tinggal dilaksanakan,” kata Matius.
Direktur Suara Baptis Papua ini menuturkan, berbagai kegiatan yang disepakati antara lain mimbar bebas, seminar, demonstrasi, kampanye dan jumpa pers dengan wartawan. Kegiatan-kegiatan ini di fokuskan di dua tempat yakni di Jayapura dan Wamena. “Tidak menutup kemungkinan, daerah lain di Papua juga menggelar kegiatan yang sama,” ujarnya.
Demonstrasi, kata dia, digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Cenderawasih di Jayapura, Papua. Seminar juga berlangsung di Jayapura. Tempat seminar yang disepakati di Aula P3W di Padang Bulan, Abepura, Jayapura. Sisah kegiatan lainnya yakni kampanye, seminar, mimbar bebas dan jumpa pers digelar di Wamena, Kabupaten Jayawijaya. “Kegiatan-kegiatan berlangsung dalam rangka peringatan hari HAM,” tuturnya.
Matius menambahkan, kegiatan-kegiatan itu bertujuan memberikan pendidikan dan pemahaman tentang HAM kepada publik. “Pendidikan HAM jangan diketahui secara sepotong-potong. Kalau, masih sepotong-sepotong, penerapanya tidak benar,” ungkapnya. Diharapkan, melalui kegiatan yang dilakukan, dapat membuka wawasan semua pihak agar dapat menghargai dan menjunjung tinggi HAM dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. 
Selain itu di Yogyakarta, Mahasiswa Papua yang dikordinir oleh Aliansi Mahasiswa Papua ( AMP ) akan melakukan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya : Nonton Bareng dan Diskusi Bebas yang rencananya akan dilaksanakan di Asrama Mahasiswa Papua " Kamasan I " Yogyakarta, kegiatan ini rencananya akan dimulai pada jam 14.30 WIB - hingga selesai.


About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.