Adat

Batik Noken Papua Dilaunching



Launching Batik Noken Papua
 yang ditandai dengan pembukaan kain
Jayapura –– Club Pecinta Alam (CPA) Hirosi Provinsi Papua melaunching batik noken Papua. Launching noken berlangsung di markas CPA Hirosi di Kolam Renang, Kemiri, Sentani, Rabu (12/12) siang. Noken ini lebih berciri khas masyarakat Sentani.
Ketua CPA Hirosi Provinsi Papua di Jayapura, Marshall Suebu mengatakan noken batik Papua itu adalah noken berciri khas Sentani. Noken batik Papua akan dikembangkan oleh Komunitas Noken Papua (Konopa) di 2013 mendatang. Marshall mengaku, selain sebagai ketua CPA Hirosi, ia juga sebagai pendiri sekaligus ketua Konopa. “Setelah lounching, tahun depan, Konopa akan kembangkan noken batik ini. Ini salah satu ciri khas noken di kabupaten Jayapura tapi juga di Papua umumnya,” kata Marshall saat menyampaikan sambutannya di Kemiri, Sentani, Rabu (12/12).
Lanjut dia, penggunaan noken sudah disetujui Pemerintah Kabupaten Jayapura. Bupati Kabupaten Jayapura, Matius Awaitouw, kata Marshall, telah menyepakati penggunaan noken. Bupati Matius meminta seluruh masyarakat yang berdomisili di wilayah kepemimpiannya wajib menggunakan noken pada 4 Januari 2013. Ditanggal itu, Pegawai Negeri Sipil (PNS), pekerja swasta, para siswa, mahasiswa dan masyarakat umum wajib menggunakan noken. “Bupati sudah sepakati tanggal 4 Januari sebagai hari wajib menggunakan noken. Kesepakatan ini disampaikan kepada kami saat ditemui diruang kerjanya, Senin (11/12),” kata Marshall.
Kepala Kesbangpol Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri menilai lounching sekaligus deklarasi noken batik Papua oleh CPA Hirosi merupakan agenda penting. Menurutnya, lounching tersebut merupakan sejarah baru. “Kita dapat melihat dan melestarikan budaya noken. Tentu noken yang akan dikembangkan, akan berguna dimana-mana,” tuturnya.
Belum ada penelitian tentang batik noken Papua yang hendak dikembangkan. Pemerintah Kabupaten Jayapura menyatakan, bersedia melakukan koordinasi dengan Konopa untuk mengembangkan noken batik tersebut. “Kami bangga dengan lounching sekaligus deklarasi noken batik Papua ini. Kedepan, kami akan terus berkoordinasi dengan Konopa untuk pengembangan noken tersebut,” kata Abdul.
Pantauan tabloidjubi.com, louching dilakukan dengan membuka kain yang menutup gambar bentuk-bentuk noken batik Papua disebuah papan yang sudah disediakan. Kain dibuka oleh ketua CPA Hirosi Papua, Kepala Kesbangpol Kabupaten Jayapura, Dinas Kehutanan Kabupaten Jayapura dan mantan Ketua CPA Hirosi Kabupaten Jayapura. Setelah pembukaan kain, dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi.(Jubi/Musa)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.