Berita

Al Chaidar : Kelompok Teroris Mulai Ekspansi ke Papua

Ilustrasi
JAKARTA - Pengamat teroris Al Chaidar mengatakan, gerakan terorisme secara diam-diam telah berekspansi ke Papua. Menurut Chaidar, gerakan terorisme di Papua berasal dari kelompok teroris Poso.


"Mereka sudah sampai di Papua," kata Al Chaidar saat berbincang dengan Okezone, Selasa (25/12/2012) malam.



Chaidar menambahkan, Papua sebenarnya sudah terjamah gerakan terorisme sejak 2011 silam. Semula, kata dia, gerakan teroris menjadikan Papua hanya sebagai tempat persembunyian. 



Lama-kelamaan, mereka menjadikan wilayah yang diwarnai konflik antara Organisasi Papua Merdeka (OPM) dengan pemerintah ini sebagai sebagai basis perjuangan menegakkan syariat Islam. 



"Di sana ada konflik bersenjata antara Organisasi Papua Merdeka (OPM) dengan Pemerintah. Situasi konflik ini dianggap kondusif oleh mereka," terangnya.



Menurut Chaidar, teroris yang menjamah Papua adalah kelompok Komando Mujahidin Indonesia Timur (KMIT) pimpinan Santoso. Kelompok ini disebut-sebut gabungan dari kekuatan Misbah yang dipimpin Abu Hanifah dan kekuatan Umar Bin Khattab dari Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). 



"Dua kekuatan ini sangat luar biasa besar. Misbah memiliki kemapuan tempur bagus," kata Al-Chaidar.



Dia menambahkan, pimpinan KMIT, Santoso, memiliki kemampuan merakit bom dengan daya ledak tinggi (high explossive). Dalam aksinya, Santoso mengambil target pasar, gereja, sekolah, dan pusat-pusat pemerintahan.



"Santoso itu salah satu murid dari doktor Azhari dan dekat dengan Nurdin M Top. Dia juga pernah membom rumah calon yang maju di Pilkada," ungkap Chaidar.



Selain itu, kata Chaidar, Santoso mahir dalam taktik berperang yang diperolehnya langsung dari Kepulauan Mindanao, Filipina. Dia juga disebut-sebut pernah terlibat aktif dalam kerusuhan di Maluku, Poso, dan sejumlah pengeboman di Makassar. 
(put)

Yang Menjadi Pertanyaan Saat Ini Adalah : Kalau Memang Teroris Yang Melakukan Teror di Papua, Mengapa Aktivis Papua Yang Terus Dikejar, Ditangkap dan Dibunuh ??? 

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.