Berita

Tiga Pembinaan Terotorial TNI di Papua



Jayapura — Kasrem 172/PWY Letnan Kolonel Rano Tilaar mengatakan Satuan Komando Kewilayahan yang sebelumnya disebut Tiga Pembinaan Komando Teritorial mengacu kepada tiga pembinaan teritorial, yaitu, pembinaan Ketahanan Wilayah, Komunikasi Sosial dan Bakti Masyarakat.
“Ketahanan wilayah ini tentu penguatan harus ada di masyarakat. Paham separatisme  tidak akan laku manakala masyarakatnya sudah peka dan imun terhadap masalah-masalah ini,” 
kata Letnan Kolonel Rano Tilaar kepada wartawan di Abepura, Kota Jayapura, Papua, Selasa (20/11) siang.
Pembinaaan ketahanan wilayah, kata dia,  seharusnya  melakukan kordinasi dengan aparat setempat, seperti Polri dalam melaksanakan keamanan dan ketertiban masyarakat,  Pemda dalam mengurus masalah kesejahteraan masyarakat dan TNI dalam masalah pertahanan.
Selain itu, kata dia, dalam pendekatan terhadap masyarakat, pihaknya harus mampu berkomunikasi, sebab, masyarakat Papua berdiri di tiga pilar, yaitu gereja, adat dan masyarakat.
“Banyak paguyuban dan mereka turut berperan dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat sampai di pelosok-pelosok,” 
kata dia lagi.
Bhakti masyarakat, melalui karya bakti atau operasi bakti kesehatan . Karya bakti, misalnya Pemda ada proyek dan dananya bisa gunakan sumber daya masyarakat.
“Namun, kegiatan-kegiatan mereka harus mengacu pada kearifan lokal di Papua.” 
tuto Rano. (Jubi/Timo Marten)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.