AMP

Jelang 1 Desember, AMP Adakan Konfrensi Pers Di Yogyakarta


Konfrensi Pers ( doc AMP )
Yogyakarta - Menjelang HUT West Papua yang Ke - 51 pada 1 Desember 2012, Aliansi Mahasiswa Papua ( AMP ) melakukan konfrensi pers pada hari jum'at ( 30/12 ) di Asrama Mahasiswa Papua " Kamasan I " Yogyakarta, konfrensi pers ini dilakukan untuk menegaskan kepada media dan rakyat Indonesia bahwa " 1 Desember 1961 Adalah Hari Kedaulatan West Papua, dan Bukan HUT OPM seperti yang diberitakan banyak media di Indonesia selama ini.

Dalam konfrensi pers ini, dihadiri oleh sejumlah Mahasiswa Papua dan Wartawan yang datang untuk meliput jalannya konfresi pers ini. Konfrensi Pers kali ini dibawakan oleh ; Roy K ( Ketua Aliansi Mahasiswa Papua   Komite Kota Yogyakarta, Sonny D ( Ketua Panitia HUT WP / Koordum ), Stervanus Y ( Sekertaris Panitia HUT WP ), Telius Y ( Perwakilan Korwil Mahasiswa ) dan beberapa Mahasiswa Papua lainnya.

Aliansi Mahasiswa Papua ( AMP ) yang diwakili oleh Roy K menegaskan bahwa 1 Desember yang selalu dirayakan oleh Rakyat West Papua bukanlah perayaan HUT OPM, melainkan perayaan Kemerdekaan West Papua yang telah dideklarasikan oleh para pendahulu West Papua pada 1 Desember 1961, jadi salah besar jika media dan rakyat Indonesia menyebutnya sebagai Harinya OPM. Selain itu Sonny D, selaku Koordinator Umum Perayaan HUT Ke - 51 West Papua juga menegaskan bahwa " Indonesia ada karena sejarah, dan oleh karena itu perayaan HUT West Papua ini juga diadakan karena sejarah, maka tidak benar jika rakyat Indonesia dan media Indonesia menyatakan bahwa 1 Desember adalah Hari OPM, karena 1 Desember 1961 merupakan hari kedaulatan West Papua yang saat itu dideklarasikan oleh kaum terpelajar West Papua yang berada dalam Dewan New Guenea Raad ".

Selain itu Stevanus Y menambahkan bahwa, rakya Indonesia dan media Indonesia harus tahu bahwa sesungguhnya OPM itu baru lahir sejak tahun 1965 di Manokwari yang ditandai dengan perlawanan rakyat West Papua terhadap militer Indonesia yang berada di Manokwari pada saat itu, maka sangat tidak benar jika 1 desmber dinyatakan sebagai Hari OPM. Hal senada juga disampaikan oleh Telius Y dan beberapa Mahasiswa Papua lainnya untuk menegaskan pernyataan tersebut.

Maka menjelang perayaan HUT West Papua Ke - 51 ini, Aliansi Mahasiswa Papua ( AMP ) menyatakan bahwa " Indonesia, Amerika Serikat dan PBB Segera Mengakui Kedaulatan West Papua dan Menuntut : 1. 1 Desember 1961 bukanlah HUT OPM, Tetapi 1 Desember 1961 Adalah Hari Kedaulatan West Papua, 2. Indonesia dan PBB Segera Serahkan Kedaulatan West Papua, 3. Stop Klaim Papua Bagian Dari Negara Indonesi. [ kr ]

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.