Aksi

Bendera Bintang Kejora Kembali Berkibar di Manokwari



Massa Aksi Saat Membentangkan
Bendera Bintang Kejora
MANOKWARI — Bendera Bintang Kejora kembali berkibar di Manokwari, Papua Barat, Rabu (21/11/2012). Bendera itu dikibarkan oleh ratusan demonstran yang berasal dari warga Papua dalam unjuk rasa mendukung simposium para petinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) dalam mempresentasikan perjuangan masyarakat Papua Barat di salah satu universitas di Amerika Serikat. Aksi unjuk rasa itu sekaligus untuk mengecam semua bentuk pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di tanah Papua.

Aksi dimulai dari samping Gedung Olahraga (GOR) Sanggeng Manokwari, Distrik Manokwari Barat, dengan pengawalan ketat aparat Polres Manokwari. Saat aksi longmarch di ruas jalan di dalam kota Manokwari, sejumlah pengunjuk rasa membentangkan bendera Bintang Kejora yang merupakan perjuangan untuk kemerdekaan penuh bagi Papua.

Selain membentangkan bendera Bintang Kejora, massa juga meneriakkan yel merdeka, serta membawa sejumlah spanduk dan pamflet yang berisi tuntutan agar segera mengusut tuntas kasus pelanggaran HAM yang terjadi selama ini di Papua.

Meskipun bendera Bintang Kejora yang diklaim oleh Pemerintah Indonesia sebagai lambang dari perlawanan kelompok separatis Papua, polisi yang sejak awal melakukan pengamanan hanya membiarkan massa terus membentangkan bendera tersebut. Unjuk rasa itu sendiri menyebabkan sejumlah ruas jalan di Kota Manokwari mengalami kemacetan. Namun, suasana Kota Manokwari tetap berjalan normal dan kondusif hingga massa akhirnya membubarkan diri.

Sumber : www.kompas.com

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.