search tickets in here

TB Hasanuddin: Semangat Papua Merdeka Makin Kuat


Jakarta: Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin mengungkapkan, semangat Papua melepaskan diri dari dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) makin kuat. Mereka tidak lagi percaya pemerintah.

"Hari ke hari kesan merdeka semakin membesar. Keinginan untuk keluar dari NKRI itu besar. Kesan yang kedua, kepercayaan masyaarakat Papua terhadap eksekutif, legislatif, dan yudikatif semakin menurun," kata TB Hasanuddin dalam rapat gabungan antara Komisi I dan III DPR dengan sejumlah menteri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (3/10).

Politikus PDI Perjuangan ini melihat gencarnya propaganda dari negara lain menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini mendapat sambutan dari masyarakat Papua yang ditunjukkan dengan terang-terangannya sejumlah wilayah di Bumi Cendrawasih itu tak mendukung program Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat (UP4B).

"Gerakan opini oleh beberapa orang tertentu yang pro-kemerdekaan di luar negeri semakin tumbuh dan mendapat respon positif dari mereka (rakyat Papua). Sebagian wilayah menentang adanya UP4B," kata Hasanuddin.

Komisi I DPR bersama semua mitra kerja menjadikan Papua sebagai fokus pemantauan untuk menghindari munculnya aksi separatis di Papua. "Papua itu menjadi fokus pemantauan kami, termasuk mitra kami TNI dan BIN," kata Hasanuddin.

Post a Comment