search tickets in here

Kontras : 31 Orang Meninggal dan 107 Orang Luka - Luka Selama Januari - Oktober 2012


Jayapura –- Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Jakarta mencatat, sepanjang Januari-Oktober 2012, sebanyak 107 orang mengalami luka dalam tindakan kekerasan yang terjadi.

Selain itu, catatan lain dari komisi itu menyebut, sebanyak 81 tindakan kekerasan terjadi di Papua.  Dari jumlah itu, 31 orang meninggal dunia. Sri dari KontraS Jakarta, menjelaskan pihaknya mencatat,  sejak Januari hingga Oktober 2012, belasan kekerasan mendera Papua.

“Terhitung dari Januari – Oktober sekarang ini, 81 tindakan kekerasan terjadi di Papua, setidaknya 31 meninggal dan 107 orang mengalami luka-luka,” kata Sri melalui siaran pers yang diterima tabloidjubi.com, Jumat (26/10).
Pernyataan itu disampaikan bersama, NAPAS, BUK, YAPHAM saat menggelar jumpa pers di Kantor KontraS Jakarta, Rabu (24/10) lalu. Hal ini disampaikan untuk menyikapi situasi Papua yang kian memanas.

Dari kasus itu, lembaga yang bergerak untuk orang hilang dan korban tindak kekersan ini menilai, demokrasi di Papua dipacung. “Ini menjadi tantangan berat bagi warga sipil untuk mengkritisi kebijakan Negara.  Persoalan ini sementara berlangsung sampai saat ini,” ujarnya.

Marthen Goo, salah satu aktivis Papua di Jakarta menilai, pembungkaman ruang demokrasi yang memicu rentetan sejumlah konflik di wilayah paling timur ini. Upaya teroris dalam perjuangan juga sementara digalakan. Tindakan ini tentunya dilakukan oleh kelompok yang tidak menginginkan ada perjuangan rakyat guna meraih keadilan,” tuturnya.

Post a Comment