KNPB :Aparat Keamanan Tak Boleh Introgasi Warga Tanpa Prosedur


Jayapura ---Komite Nasional Papua Barat (KNPB) meminta agar aparat keamanan tidak bersikap arogansi saat berpakaian preman seperti "pencuri" yang terus melakukan pengejaran dan penangkapan sewenang-wenang dan mengintegrogasi rakyat yang tak tahu apa-apa, baik di jalan-jalan tanpa melalui prosedur yang berlaku di negara ini.

Sikap ini disampaikan oleh Juru Bicara KNPB, Wim R. Metlama, yang sekaligus mengutuk dengan tegas terhadap proses penangkapan terhadap mantan Ketua Umum KNPB yang kini sebagai Ketua Parlemen Nasional West Papua (PNWP) dan mengadili tanpa bukti dan fakta hukum yang tidak jelas.

Metlama menjelaskan, permintaan ini juga terkait dengan adanya penculikan sewenang-wenang yang dilakukan terhadap Doga Tabuni (29 tahun) dan Alex Dagay (25 tahun) yang dilakukan aparat keamanan berpakaian preman pada Senin (6/8) pukul 15.00 WIT di Perumnas III Waena, Kota Jayapura, Papua tepat depan Asrama Universitas Cenderawasih Unit 3 dan Unit 4 secara diam-diam.

“Lalu, membawa keduanya ke jalan baru untuk dinterogasi di jalan baru tepatnya di bawah jembatan, setelah itu aparat menanyakan beberapa orang daftar DPO Polda Papua. Aparat keamanan juga sempat menawarkan kepada kedua korban bahwa fasilitas yang dibangun jika kedua korban ini mampu menginformasikan keberadaan orang-orang daftar DPO yang mereka cari, diantaranya kandang babi tuga lantai dan satu tempat usaha yakni kios mini,” kata Metlama, didampingi Aktivis KNPB, Tinus Yohame, saat memberikan keterangan pers di Abepura, Selasa (7/8).

Pihaknya juga mendesak pengungkapan penembakan terhadap Ketua I KNPB, Almarhum Mako Tabuni tanpa bukti sampai kini belum jelas, termasuk upaya penangkapanj terhadap Ketua Umum KNPB , Victor F. Yeimo di depan pengadilan Negeri I Jayapura oleh aparat kepolisian. “Dengan demikian KNPB meminta aparat kepolisian dalam hal ini Polda Papua segera menghentikan tindakan brutal diluar prosedur hokum terhadap rakyat Papua, khususnya aktivis KNPB,” tandasnya.

Sumber : www.tabloidjubi.com


Share:

Search This Blog

Support

Facebook