Papua Mencekam, DPR Akan Kirim Tim Untuk Memonitor Keadaan Di Papua

KRBNews, Jakarta - Dari hari ke hari kondisi keamanan di Papua semakin mengkhawatirkan. Penembakan misterius hampir terjadi setiap pekannya. Komisi I yang juga membidangi masalah pertahanan DPR memutuskan mengirim tim langsung ke Papua untuk memonitor pengamanan di Bumi Cenderawasih.

"Pimpinan DPR sudah menyetujui Komisi I mengadakan kunjungan spesifik ke sana. Minggu depan mereka kami kirim untuk ikut memonitor apa gerangan yang terjadi," kata Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di gedung DPR, Jakarta, Kamis 7 Juni 2012.

Priyo sendiri sudah menandatangani izin kunjungan Komisi I DPR ke Papua. Priyo mendesak agar aparat keamanan lebih tegas menindak dan memburu pembuat onar di Papua.

"Siapapun dia. Apakah dia aparat, gadungan, atau warga sipil, tidak peduli, tangkap karena telah meresahkan warga," ujar Wakil Ketua DPR yang juga politisi Golkar ini.

Menurut Priyo, penyelesaian konflik di Papua terus berulang. Ada dua alternatif untuk menuntaskan kasus-kasus hukum yang terjadi di tanah Papua. Selain lewat jalur hukum, masalah hukum bisa dituntaskan dengan cara adat.

"Dua-duanya harus berjalan. Buat efek jera dan tangkap yang membuat onar itu. Hukum harus jalan ditegakan," kata Priyo lagi.

Semalam, seorang warga yang diduga pemeras ditembak anggota polisi. Warga yang diduga memalak pemilik warung itu tewas dengan luka tembak di kepala. Saat ini kondisi di Jayapura, Papua, mencekam.

Share:

Search This Blog

Support

Facebook