search tickets in here

Pangdam Cendrawasih: Penembakan WN Jerman di Papua Kriminal Murni


KRBNews, Papua - Penembakan warga negara Jerman, Dietmar Pieper (55), di Pondok wisata Port Numbay, Distrik Japut, Kelurahan Tanjung Ria, Jayapura, masih ditelusiri. Panglima Komando Daerah Militer XVII Cendrawasih Mayor Jenderal TNI M Erwin S menyebut penembakan itu bermotif kriminal.


"Itu kriminal murni. Sedang ditangani Polda, dan kami bersifat mem-backup," ujar Erwin ketika ditemui di sela-sela acara Jelajah Raja Ampat, di Waisai, Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (1/6/2012).



Berdasarkan informasi yang diterima pihak militer, lanjut Erwin, belum ada tanda-tanda penembakan itu bagian dari upaya separatis ataupun gerakan politis lain. 



Oleh karena itu, pihak kodam tidak akan turun mengusut hal ini, dan memberikan kewenangan sepenuhnya pada kepolisian.



"Itu kewenangan kepolisian sepenuhnya. Tapi kami terus berkoordinasi dengan polda. Koordinasi selama ini juga cukup baik," tutur Erwin.



Erwin juga menyatakan, berdasarkan informasi terbaru mobil pelaku telah ditemukan. Saat ini pihak polisi yang dibeking oleh kodam terus melakukan pencarian.



"Saya mendapat informasi terbaru, mobilnya sudah ditemukan. Detilnya silakan tanya polda," ujar Erwin.



Dietmar Pieper tewas ditembak orang tidak dikenal saat duduk santai di kawasan wisata Port Numbay, Jayapura sekitar 11.30 WIT.



Pelaku diketahui datang menggunakan Toyota Avanza. Saat berada di belakang korban, pelaku menembakkan satu peluru ke punggung korban.


Sumber : http://news.detik.com