Berita

Operasi Densus 88 Segerah Di Jalankan Di Papua

KRBNews, Jakarta - Ketua Dewan Direktur Lembaga Kajian Publik Sabang-Merauke Circle (SMC), Syahganda Nainggolan menilai, sikap pemerintah yang menjadikan wilayah Papua sebagai operasi Densus 88, akan membuat kemelut persoalan Papua semakin keruh dan keamanannya malah tidak terkendali.

"Kalau menginginkan kondisi aman di Papua terpulihkan,jangan mengirim pasukan Densus 88 itu, sebab ini bukan ladang tepat operasi peperangan bagi Densus 88, yang karakternya spesifik hanya untuk memerangi para teroris," jelas Syahganda.



Menurutnya, persoalan di Papua bersifat kompleks dengan akar utamanya adalah kesejahteraan dan pemenuhan aspek keadilan. "Jadi, pemerintah tidak perlu terlalu ketakutan seolah-olah Papua hanya dapat diatasi dengan menghadirkan Densus 88," tegasnya.


Menurut Syahganda, dengan ribuan aparat keamanan yang kini ada di Papua baik Polri maupun TNI, sebenarnya terbilang cukup memadai sejauh langkah-langkahnya terfokus secara profesional pada pengupayaan damai warga Papua.

Dirinya menambahkan, penuntasan terhadap berbagai aspek persoalan Papua tidak boleh dilakukan parsial dan melalui pendekatan keamanan semata-mata. Mengingat muatannya yang tidak sederhana atas Papua itu.

Dirinya berharap, Presiden SBY turun langsung memimpin agenda pemulihan Papua serta mengambil prakarsa dialog dengan semua elemen kelompok, yang meliputi berbagai pihak di Papua.


Sumber : http://nasional.inilah.com

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.