Hajriyanto Y Thohari : Pemerintah Harus Bangun Papua

Wakil Ketua MPR RI Hajriyanto Y Thohari
KRBNews, Solo - Pemerintah diminta membangun Papua dan menyejahterakan rakyatnya. Sebab, hal itu dinilai sebagai obat mujarab untuk menyelesaikan gejolak di Bumi Cendrawasih.

"Pemerintah harus segera melakukan perubahan drastis dengan pemerataan pembanguan di Papua. Masak 240 juta jiwa penduduk Indonesia tidak bisa menyejahterakan penduduk Papua yang jumlahnya tidak lebih dari lima juta orang," tegas Wakil Ketua MPR RI Hajriyanto Y Thohari, di sela-sela Dialog Empat Pilar Goes to Campus di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Senin (25/6).

Bila perlu, lanjut politikus Partai Golkar itu, presiden berkantor sementara di Papua sebagai langkah konkret. Ia menyayangkan jika dana otonomi khusus Papua yang mencapai Rp30 triliun tidak dieksekusi secara tepat.

Dalam otonomi daerah, hanya terdapat lima bidang yang ditangani pemerintah pusat. Yaitu, yustisi, agama, pertahanan, moneter, dan politik luar negeri. Bidang lain di luar kelima bidang tersebut merupakan tanggung jawab pemerintah daerah melalui otonomi daerah.

Share:

Search This Blog

Support

Facebook