Aksi

Ribuan Rakyat West Papua Papua Tuntut Kemerdekaan


 Bintang Kejora berkibar di sejumlah kabupaten di Papua.


KRBNerw, Papua -- Ratusan bendera bintang kejora berbagai ukuran dikibarkan saat ribuan warga Papua menggelar aksi unjuk rasa menuntut kemerdekaan bangsa Papua, Selasa 1 Mei di Manokwari, Papua Barat.

Massa menggelar aksi long march di seputar kota Manokwari sambil mengibarkan ratusan bendera bintang kejora, simbol Papua Merdeka, sebagai desakan dan tuntutan  kepada  pemerintah Indonesia untuk segera mengembalikan kedaulatan dan kemerdekan bangsa Papua.

Menurut para pendemo, dialog yang ditawarkan Presiden SBY, bukan solusi menyelesaikan seluruh persoalan di Papua. Meski bendera bintang kejora dikibarkan, tapi aparat kepolisian sama sekali tidak melakulan tindakan apapun. 

Long march dimulai dari kantor Dewan Adat Papua mengintari Jalan Trikora Wosi, Yos Sudarso, Jalan Merdeka, dan berakhir di Kwawi. Sepanjang aksi demo berlangsung, lalu lintas di Kota Manokwari lumpuh total.

13 Orang Diamankan

Sementara itu di makam They H Eluay di Sentani, Jayapura, massa sempat mengibarkan bendera Bintang kejora. Sebelum akhirnya polisi bertindak, menurunkannya dengan mengerahkan pasukan serta kendaraan Baracuda. Sebanyak 13 orang kemudian diamankan untuk dimintai keterangan di Polres Jayapura.

Juru Bicara Polda Papua, AKBP Yohanes Nugroho Wicaksono ketika dikonfirmasi saat turut mengamankan aksi unjuk rasa di sekitar Taman Imbi Kota Jayapura membenarkan hal itu. "Ya, ada 13 warga yang saat ini diamankan karena mengibarkan bendera yang menyerupai bintang kejora, tapi status mereka masih saksi," kata dia.

Menurut Yohanes, aksi pengibaran Bintang Kejora terjadi di sejumlah kabupaten di Papua, antara lain Manokwari, Biak, Sorong, Jayapura. dan Kota Jayapura. Ribuan massa, menggelar unjuk rasa menuntuk kemerdekaan Papua. "Aksi demo di sejumlah kabupaten ini sama sekali tidak ada izin, karena organisasi yang menggelar aksi, tidak terdaftar di Kesbang Linmas, tapi kami masih memberi toleransi, agar mereka tidak mengganggu ketertiban umum," tandasnya.

Sebenarnya, mengibarkan bintang kejora sudah melanggar pidana. Namun yang diamankan baru yang ada di Sentani. "Sedangkan di daerah lain, sedang dalam penyelidikan," tambah dia.


Sumber : http://nasional.vivanews.com

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.