Berita

Kantor KPUD Papua Dirusak Orang tak Dikenal


KRBNews, JAYAPURA – Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Papua yang terletak di Jalan Soa Siu Dok II Jayapura, sekitar pukul 14.00 WIT, Rabu [9/5/2012) dilempari oleh orang tak dikenal yang mengendarai enam mobil. Akibatnya, kaca-kaca kantor KPU Papua hancur, termasuk kaca pintu masuk. Saat terjadi pelemparan, kantor KPU Papua dalam keadaan kosong.

Dari keterangan saksi mata yang kebetulan berada di tempat kejadian yang enggan disebutkan namanya mengatakan, oknum pelaku pelemparan menggunakan mobil Inova warna biru dengan plat nomor DS.1552 AQ, Avansa DS1672 AR warna abu-abu, DS.1631 AT Avansa warna hijau dan mobil Rush dengan plat nomor DS1963 AR warna abu-abu. Sementara dua mobil lainnya belum diketahui identitasnya.

Keenam mobil tersebut masuk melalui pintu masuk kantor Gubernur. Ketika sampai di depan kantor KPU Papua, saksi mata melihat sekitar 20 orang turun dari mobil. Mereka dengan cepat melempar kaca-kaca kantor KPU Papua. Setelah melakukan perusakan, para pelaku langsung kabur, sebagian ke arah Jayapura Utara dan sebagian lagi ke arah Kota Jayapura.

Kejadiannya perusakan berlangsung begitu cepat, membuat pihak keamanan dari kepolisian termasuk Satpol PP Papua yang kebetulan berjaga di Pos keamanan kantor Gubernur Papua, ketika sampai di lokasi kejadian tidak menemukan pelaku.

Kapolsek Jayapura Utara AKP Pol KR Sawaki mengaku belum mengetahui secara pasti jumlah pelaku yang melakukan perusakan. Pihaknya tiba di TKP setelah pelaku melarikan diri.

“Kembalinya kearah mana, kami belum tahu namun yang jelas ketika sampai keadaan kantor KPU sudah dalam keadaan rusak,” jelas KR Sawaki.

Langkah lanjutan setelah kejadian ini adalah memasang police line dan melakukan olah TKP. Sementara oknum pelaku akan dicari oleh pihak kepolisian.

“Karena TKP berada di wilayah Jayapura Utara sesuai perintah dari Wakapolda dserahkan kepada Polresta tetapi dibantu oleh Polsekta Jayapura Utara,”ungkapnya.

Mengeia ciri-ciri mobil yang digunakan oleh pelaku, saat ini masih diidentifikasi. Bagi Polisi, untuk menangkap pelaku tidak sulit karena plat nomor kendaraan yang ditumpangi sudah diketahui.

”Paling lambat satu atau dua hari ke depan, pelaku sudah pasti kita amankan,” tambahnya.
Wakapolda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw langsung terjun ke lapangan melihat kondisi di TKP. Wakapolda juga memberikan arahan kepada anak buahnya yang ada di lapangan.

Sebelum kejadian, Ketua KPU Papua Benny Sweni membenarkan adanya isu ancaman akan dibunuh. Pernyataan tersebut disampaikan Benny kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan Penjabat Gubernur Papua, MRP dan DPRP.

“Mungkin pelakunya adalah kelompok yang telah menyerang rumah saya, tetapi saya mengimbau jangan kita melakukan hal-hal seperti itu,”tutur Benny.

Benny menghimau kepada pihak yang keberatan melakukan proses secara hukum, namun dirinya meminta dukungan kepada pihak keamanan untuk memberikan pengamanan.

“Kita berharap ada tindakan tegas dan terukur dari pihak keamanan, karena saya sudah melapor ke pihak kepolisian tiga bulan yang lalu dan saya bahkan telah bertemu dengan Bareskrim Brigjen Pol.Aridono untuk kok di Kota Jayapura seperti texas tidak ada jaminan hukumnya, bagaimana Pilgub ini akan berjalan jika kejadiannya seperti ini dimana setiap orang setiap saat menekan,”paparnya. 

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.