Aceh

Tiga Gempa Goyang Papua dan Aceh

KRBNews, Sorong - Dalam tempo tak sampai dua jam, tepatnya Kamis (19/4) dini hari, tiga gempa bumi menggoyang Papua dan Aceh. Berdasarkan informasi laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa pertama yang berkekuatan 5,3 skala Richter dan berkedalaman 11 kilometer itu terjadi di Sorong, Papua Barat, pada pukul 01.38 WIB.

Pusat gempa berkekuatan 5,3 skala Richter itu berada di Kabupaten Sorong, Papua Barat. Lokasi gempa berada pada 0,54 Lintang Selatan-131,87 Bujur Timur. Gempa berjarak 43 kilometer barat laut dari Kabupaten Sorong, Papua Barat. Namun, gempa tersebut tak berpotensi tsunami.

Selanjutnya pada pukul 02.07 WIB, gempa berkekuatan 5,1 SR terjadi di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh. Gempa berkedalaman 10 kilometer ini berlokasi di 3,43 Lintang Utara-92,44 Bujur Timur. Namun, gempa yang berjarak 390 km barat daya dari Aceh Jaya ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Setelah diguncang gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR), gempa kembali terjadi di Sorong, Papua Barat. Gempa kali ini yang berkekuatan 5,5 SR itu terjadi sekitar pukul 02.52 WIB.

Menurut keterangan BMKG, pusat gempa berada di kedalaman 13 km dan berjarak 42 km barat laut dari Sorong, Papua Barat. Namun, gempa yang berlokasi pada 0,62 Lintang Selatan-131,78 Bujur Timur itu tidak berpotensi tsunami. Sejauh ini belum ada informasi adanya korban atau kerusakan akibat dua gempa di Sorong tersebut.

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.