Berita

Pemprov Papua Bangun 50 Rumah di Wilayah OPM

KRBNews, Jayapura: Pemerintah Provinsi Papua rencananya akan membangun 50 rumah di kawasan Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Selama ini, kawasan tersebut diduga menjadi markas kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Wakil Ketua I Dewan Perwakilan rakyat Papua (DPRP) Yunus Wonda di Jayapura mengatakan, pembangunan rumah di kawasan yang selama ini menjadi markas OPM itu sudah dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Mereka hingga saat ini, lanjut Wonda, tetap penduduk RI. Hanya saja mereka memiliki perbedaan, terutama ideologi.

Sebanyak 50 rumah, 20 di antaranya akan dibangun di Kampung Goliat Tabuni, yang merupakan tempat pimpinan OPM. Sedangkan sisanya dibangun di sepanjang jalan di kawasan itu.

Menurut Wonda, rumah yang dibangun dengan dana sebesar Rp6 miliar tersebut nantinya akan diserahan kepada distrik setempat, sehingga pihaknya belum mengetahui pasti apakah rumah yang dibangun itu berbentuk honai atau bukan. "Kami menyerahkan sepenuhnya ke masyarakat yang nantinya akan berkoordinasi dengan distrik," jelas Wonda.

Wonda juga mengatakan, dengan dibangunnya rumah untuk masyarakat di kawasan yang selama ini diduga menjadi markas OPM, diharapkan dapat membuat masyarakat menyadari bahwa pemerintah juga memperhatikan mereka. Tingginambut dapat dicapai melalui perjalanan darat selama satu jam dari Mulia, ibu kota Kabupaten Puncak Jaya. 

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.