AMP

DPR Pusat Papua Sudah Terbentuk Dengan Anggota 225 Anggota Dan Segerah Dikukuhkan



Para Panitia Pembentukan DNP
JAYAPURA, KRBNews 
— DPR Pusat Papua sebagai salah satu amanat dari hasil Kongres Rakyat Papua III, diklaim  sudah terbentuk. “Mereka adalah DPR Pusat Papua yang berkedudukan di Pusat,” ucap Ely Sirwa, Ketua Panitia Pembentukan Dewan Nasional Papua (DNP), yang mendatangi Kantor Bintang Papua pada Senin (02/04) petang. 




DNP sendiri diklaimnya sebagai lembaga dimana tempat para wakil rakyat yang serupa dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) milik Indonesia. 





Tanggal 29-31 Maret 2012, diakui Ely sebagai tanggal dimana ia dan seluruh panitia melakukan persidangan membentuk DNP sesuai dengan salah satu amanat dari Konggres Rakyat Papua III pada 19 Oktober 2011 lalu. “Secara resmi Dewan Nasional Papua (DNP) telah terbentuk, pembentukan sendiri dilakukan setelah melewati pelaksanaan sidang pembentukan selama 3 hari di Aula Balai Kesehatan Padang Bulan dengan menetapkan anggota DNP sebanyak 225 orang dan juga telah terpilih pemimpin lembaga, Ketua I, II dan III,” tuturnya.





Selanjutnya Ely menyampaikan kepada rakyat Papua, pada tanggal 4 April 2012, DNP secara resmi akan dikukuhkan di lapangan Makam Theys, dan menghimbau kepada rakyat Papua untuk dapat ambil bagian dalam proses pengukuhan tersebut. Dikatakan, proses pemilihannya sendiri terjadi  seperti lazimnya pemilihan-pemilihan pimpinan dalam proses demokrasi, dengan yang dipilih dari perwakilan seluruh wilayah di Papua dari Sorong sampai Merauke, dimana ada 7 wilayah besar. Ditambah dengan 7 Faksi besar perjuangan Papua, kemudian juga ada Organisasi Sipil Papua dengan masing-masing diberi kuota 20 orang untuk masing-masing daerah, lalu 5 orang untuk masing-masing faksi, dan  organisasi perjuangan.

Untuk selanjutnya pengukuhan DNP sendiri dikatakannya akan dilakukan oleh ‘Presiden Negara Papua Barat’ yang akan diwakili oleh Sekretariat Negara. Dan pemilihan kantor DNP sendiri ia akui belum jelas, yang pasti ia menyatakan kantor DNP akan berada di Jayapura.

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.