Berita

Berharap Pemilu Kada Papua Segera Berlangsung

KRBNews, JAYAPURA-- Seorang praktisi politik senior Papua, Demas Patty, berharap pemilihan gubernur di wilayah itu secepatnya berlangsung dan tidak lagi molor karena berbagai kepentingan.

"Diharapkan Pilgub (Pemilu Kada) Papua bisa berlangsung pada waktu yang tidak terlalu lama lagi," kata Demas di Serui, Papua, Kamis (19/4).

Menurut dia, saat ini harapan seluruh rakyat Papua adalah Pilgub kali ini lebih berkualitas sebagaimana tuntutan demokrasi. Dan hal itu harus dilakukan oleh pihak penyelenggara yang berkompeten dengan cara yang bijak dan arif.

"Yang rakyat inginkan adalah demokrasi berjalan dengan baik dan benar, untuk itu penyelenggaranya harus bisa memahami hal  itu," katanya.

Ia juga mengatakan ada baiknya rakyat Papua juga bisa mengambil sejumlah pelajaran berharga pada saat Pemilu lalu, sehingga apa yang diinginkan dan diharapkan oleh semua pihak bisa berjalan dengan lancar.

"Untuk itu ada baiknya kita mengambil pelajaran berharga dari pemilu  sebelumnya, agar pilkadagub Papua tahun ini lebih berkualitas," katanya.

Demas yang juga kader senior partai berlambang pohon beringin itu  menyinggung tentang kinerja pihak penyelenggara yakni KPU, yang harus lebih terbuka dan jujur dalam berbagai hal, terutama dalam hal perhitungan suara nanti.

"Kalau KPU bisa selenggarakan Pilgub ini dengan baik dan benar, saya rasa hal inilah yang dinamakan Pilgub yang berkualitas," katanya.

Hingga saat ini Pemilu Kada di provinsi paling timur Indonesia itu sudah molor hingga delapan bulan, dan hingga kini masih terjadi tarik ulur oleh sejumlah pihak.

Penjabat gubenur Papua, Syamsul Arief Rivai sempat dituding gagal melakukan tugas utamanya yakni menyelengarakan Pilgub Papua, hingga ada calon kepala daerah yang tetap.

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.