Siswa SMK Papua Ciptakan Kamera Mikroskop


Jayapura: Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Jayapura, Papua, berinovasi dengan menciptakan sendiri kamera untuk mikroskop yang mereka beri nama Berinovasi-Teaching Microscop (BTM).

"Alat ini berfungsi sebagai kamera, yang bisa disambungkan dengan proyektor dan memperbesarnya dilayar, sehingga apa yang sedang kita amati dengan mikroskop dapat terlihat dengan jelas dilayar," kata Merry DS, siswa SMK Kesehatan.

Merry mewakili enam rekannya saat mendemonstrasikan BTM di depan Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano di pertemuan guru se-Kota Jayapura di Aula SD Gembala Baik, Abepura, Rabu (14/3).

Menurut Merry, dia dan rekan-rekannya terinspirasi membuat BTM, karena saat praktik di sekolah menggunakan mikroskop, biasanya mereka harus antre satu per satu untuk melihat apa yang sedang diteliti, sehingga harus menghabiskan waktu yang relatif lama.

"Kalau dengan BTM ini, apa yang sedang diteliti dengan mikroskop, dapat terlihat dilayar besar, karena adanya kamera yang kami sambungkan pada proyektor. Bisa juga disambungkan dan melihat di komputer atau laptop. Dengan begitu tak perlu antre lagi untuk melihat di mikroskop," ujarnya. 

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.