2 Pabrik Semen China Dibangun di Papua dan Kalsel



JAKARTA, KRBNews - 
Pertengahan dan akhir tahun ini, dua pabrik semen di Manokwari, Papua Barat, dan Kalimantan Selatan, segera dibangun investor China, Anhui Conch Cement Company Ltd. China menyediakan investasi sebesar 1,2 miliar dollar AS, untuk membangun dua pabrik semen dengan kapasitas 5,5 juta ton.

Hal itu diungkapkan Menteri Perindustrian, MS Hidayat, saat dihubungi Kompas, Rabu (14/3/2012) sore tadi.

"Selama ini investasi China di bidang industri dengan nilai cukup besar belum pernah ada, terkecuali di sektor minyak dan gas bumi," kata Hidayat, menyebut proyek gas tangguh di Papua, yang sudah dilakuan investor China sejak 2003 silam.

Menurut Hidayat, kepastian pembangunan dua pabrik semen disampaikan setelah ia menerima pimpinan Anhui dan Prosperity Group, Huang Haisong, yang juga Gubernur Provinsi Anhui, China di kantornya, Kementerian Perindustrian di Jakarta.

"Mereka memastikan untuk kesiapannya membangun pabrik semen di Manokwari, Papua Barat, dan Kalimantan Selatan," tambah Hidayat.

Hidayat merinci, nilai investasi untuk pembangunan pabrik semen di Manokwari berkapasitas 3 juta ton, investor China menyediakan dana 750 juta dollar AS. Sementara untuk investasi pabrik semen di Kalsel berkapasitas 2,5 juta ton, Anhui Group menyediakan dana 450 juta dollar AS. Nilai itu termasuk untuk membangun infrastruktur pelabuhan dan jalan.

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.