Pasar Percontohan di Papua Berpotensi Dorong Ekspor



JAYAPURA 
- Pasar percontohan di Kampung Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua yang baru diresmikan diharapkan dapat menjadi pasar Percontohan yang berpotensi mendorong ekspor ke Negara tetangga yaitu Papua New Guinea (PNG).


"Pasar ini sangat strategis, mengingat lokasinya yang berada di antara perbatasan Indonesia dan PNG, sehingga diharapkan dengan penataan dan pengelolaan yang baik nantinya dapat meningkatkan ekspor produk dalam negeri ke negara tetangga yakni PNG," ungkap Menteri Perdagangan (Mendag) RI Gita Wirjawan, di Jayapura, Kamis (2/2/2012).

Gita mengatakan, selain mendorong peningkatan ekspor nasional, letak strategis pasar di wilayah perbatasan ini juga tentunya akan menggerakan roda perekonomian daerah yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitarnya.

Sekadar informasi, pasar percontohan Kampung Skouw, dibangun di atas lahan seluas 3,5 hektare (ha) dengan luas bangunan 2.300 meter persegi. Pasar yang dibangun pada 2011 ini menelan anggaran sebesar Rp22,3 miliar menggunakan dana sharing dari APBN Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, serta Pemda Provinsi Papua.

Diperkirakan, nilai transaksi pasar yang memiliki 200 kios dan toko ini dapat menghasilkan Rp64 miliar per tahun. Adapun mayoritas pembelinya adalah penduduk Vanimo dari Provinsi Sundaun, Papua New Guinea.

Mendag juga berjanji akan berkoordinasi dengan Kementerian Daerah Tertinggal, Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Koperasi dan UMKM terkait revitalisasi pasar, perbankan dan swasta untuk mengembangkan jumlah pasar di wilayah perbatasan RI dan Papua New Guinea.
 (http://economy.okezone.com/read/2012/02/02/320/568415/pasar-percontohan-di-papua-berpotensi-dorong-ekspor)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.